10 DPC Terima SK, Noratim Sah Ketua Partai Demokrat Kubar

0
75

Mantan Ketua PKB Kubar Jadi Ketua Dewan Pertimbangan Cabang

Noratim bersama Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Timur, Irwan, menunjukkan SK DPC Partai Demokrat Kubar yang diterima dari DPP Partai Demokrat di Jakarta. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat resmi berubah kepengurusan untuk periode 2021-2026. Kemarin, 10 DPC di Provinsi Kalimantan Timur menerima Surat Keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat di Jakarta. Dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor: 121/SK/DPP.PD/DPC/VI/2022 itu, Noratim menjadi Ketua.

Noratim yang pada periode sebelumnya menjabat Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar, didampingi dua rekan. Yakni Ancah selaku Sekretaris dan Herman Cigot sebagai Bendahara. Ancah sebagai kader, pernah menjadi pimpinan perusahaan perkebunan sawit dan memimpin serikat buruh di Kubar.

Sedangkan Herman Cigot adalah seorang pengusaha pertambangan batu bara. “Kami baru pulang dari Jakarta menerima SK DPC dari DPP, kemarin,” ungkap Noratim saat ditemui pada Kamis, 23 Juni 2022 di Samarinda.

Ia menjelaskan, SK DPC untuk 10 kabupaten dan kota di Kaltim diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsa. Satu persatu Ketua DPC Partai Demokrat di wilayah DPD Partai Demokrat Kaltim menerima SK di Auditorium Yudhoyono.

Penyerahan SK di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi No.41, Menteng, Kota Jakarta Pusat itu didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Irwan. “Komitmen tetap seperti dalam visi dan misi yang kami sampaikan ke DPP. Membesarkan Demokrat di Kubar, mendukung dan memilih AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) sebagai Presiden RI pada Pemilu 2024,” katanya.

Mengikuti Fit and Propertest atau Uji Kepatutan dan Kelayakan yang diadakan DPP Partai Demokrat, Noratim menjadi orang kelima yang memimpin Partai Demokrat Kubar. Ia dikenal sebelumnya sebagai seorang aktivis. Dia kerap memimpin demo ke sejumlah instansi pemerintahan, legislatif maupun perusahaan.

Pria berdarah Dayak Benuaq ini baru memapaki dunia politik, dan beruntung terpilih sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Kubar 3. “Terima kasih atas dukungan masyarakat, khususnya para kader dan senior saya di Partai Demokrat,” ujar Noratim.

Para Ketua DPC Partai Demokrat dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur menerima SK DPC dari DPP Partai Demokrat pada Rabu, 22 Juni 2022 di Jakarta. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ketua Partai Demokrat Kubar yang pertama adalah Korrie Layun Rampan. Merupakan putera Dayak Benuaq yang tercatat sebagai seorang sastrawan dan wartawan tingkat nasional. Pernah menulis puluhan judul buku, dan menjadi penyiar TVRI Pusat.

Di akhir hidupnya, terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat periode 2004-2009. Ia duduk sebagai Wakil Rakyat dari Partai Demokrat bersama Yosef Nyangun Alui yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar.

Bartolomeus Iku kemudian melanjutkan tugas Korrie sejak tahun 2006 hingga 2012. Saat itu Iku duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kubar periode 2009-2014 dari Partai Demokrat bersama dua rekan partainya. Yakni Yosef Nyangun Alui dan Yamhun Anwar.

Tahun 2012, kepemimpinan Partai Demokrat Kubar dilanjutkan Yahya Marthan. Pensiunan birokrat dengan jabatan terakhir Sekretaris Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Ia menjabat selama empat tahun hingga 2016.

Selanjutnya adalah Paul Vius. Seorang pengusaha yang lama berkecimpung di perusahaan perkebunan kelapa sawit. Dia pun menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kubar periode 2014-2019. Ia menggandeng Noratim sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar. Keduanya terpilih sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2019-2024.

Berikut riwayat kepemimpinan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat:

2004-2006 (Korrie Layun Rampan & Yosef Nyangun Alui)
2006-2012 (Bartolomeus Iku & Yosef Nyangun Alui)
2012-2016 (Yahya Marthan & Hermanus Tingang)
2016-2021 (Paul Vius & Noratim)
2022-2027 (Noratim & Ancah).

Periode 2021-2026 ini, Noratim bertekad membesarkan Partai Demokrat di Kubar dengan tetap menggandeng seniornya. Paul Vius yang memimpin di periode sebelumnya, dipercayakan sebagai Ketua Dewan Kehormatan Cabang. Di posisi Ketua Dewan Pertimbangan Cabang, ada Syachran Eric Lenyoq, yang pernah menjadi Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kubar selama 15 tahun.

“Saya mohon doa dan dukungan dari masyarakat. Agar kepengurusan baru Partai Demokrat Kubar yang baru ini dapat bekerja, dan mengabdi untuk kepentingan rakyat,” harap Noratim. #Sonny Lee Hutagalung

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here