10 Tahun di Kubar, Anggota Toga Sinaga Diminta Besarkan Punguan dan Berdampak Bagi Sekitar

0
276

Berkat David: “Anggota yang besarkan punguan”

Penyerahan pataka Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru Bere dari Berkat David Sinaga kepada James Sinaga dalam pelantikan Pengurus PPTSB Kabupaten Kutai Barat pada Sabtu, 9 April 2022. REVANDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru Bere atau PPTSB, telah 10 tahun hadir di Kabupaten Kutai Barat. Tidak hanya mereka yang tergabung di dalamnya, para anggota paguyuban ini diharap berdampak baik bagi daerah atau tanah rantaunya.

“Agar ke depan, kita tetap bersama. Agar punguan (perkumpulan Toga Sinaga) makin besar dan berdampak,” kata Penasehat PPTSB Cabang Kutai Barat, Berkat David Sinaga, saat Pelantikan Pengurus PPTSB Kutai Barat pada Sabtu, 9 April 2022.

Berkat David yang memimpin Toga Sinaga di Kubar selama delapan tahun, meminta semua anggota turut berperan aktif. Dari 65 kepala keluarga yang ada saat ini, diharap dapat bekerjasama dan bahu membahu.

Bere (keturunan dari Boru Sinaga) pun bisa bergabung aktif, tidak hanya boru. Mari bahu membahu sehingga punguan makin besar,” imbaunya.

Anggota Toga Sinaga di Kubar yang bertekad mempererat persaudaraan di masa mendatang. REVANDI/KABARKUBAR.COM

Sejak 2012 hingga 2020 menjadi Ketua PPTSB Kutai Barat, Berkat David menyebut, tidak ada pekerjaan yang sempurna. Termasuk tugas-tugas dalam Toga Sinaga. Ia mengakui, ada saja kekurangan. Tapi seluruh pengurus selama ini telah berusaha keras agar organisasi berjalan dengan baik.

Menurutnya, ada dua hal yang diperlukan untuk membesarkan punguan. Yakni anggota yang aktif berorganisasi. “Anggota yang besarkan punguan, bukan punguan membesarkan anggota,” katanya.

“Ada saja benturan di sana sini, tapi itulah dinamika. Tidak mungkin adem saja, pasti ada benturan. Ibarat besi, orang akan menajamkan orang,” Berkat David mengingatkan.

Dia menambahkan, masa jabatan Pengurus PPTSB Kubar telah dirubah. Jika sebelumnya hanya dua tahun setiap periode, sekarang menjadi empat tahun.

Ia meminta para anggota dapat menjaga hubungan baik dengan siapa saja, terlebih putra dan putri asli Kubar. Termasuk kepada sesama warga Kubar yang berasal dari ragam suku.

Dilantik sebagai Ketua PPTSB untuk empat tahun ke depan, James Sinaga berterimakasih. Ia menyadari kepercayaan yang diberikan itu adalah amanah untuk membina para anggota yang diperkirakan berjumlah hampir 200 jiwa.

Ia berharap akan ada regenerasi dalam Toga Sinaga di Kubar. Jika sudah sehati, sepikiran, ia optimis dapat melaksanakan agenda organisasi yang terhambat karena munculnya pandemi Covid-19.

“Ajari saya dan tegur jika salah,” cetus James Sinaga yang didampingi Lenny Sinaga sebagai Sekretaris dan Nelshy Anitha Sinaga di posisi Bendahara PPTSB Kubar.

Pengurus PPTSB Kabupaten Kutai Barat periode 2022-2026 mengikuti pelantikan di Gereja HKBP Sendawar. REVANDI/KABARKUBAR.COM

Acara diadakan dalam bangunan lama Gereja Huria Kristen Batak Protestan di Jalan Petunak, RT 01 Kampung Ngenyan Asa Kecamatan Barong Tongkok.

Dirangkai dengan acara Bona Taon (awal tahun) 2022, Pendeta Josua Parulian Sinaga mengingatkan melalui Firman Tuhan dalam Filipi 2:2. Agar anggota Toga Sinaga di Kubar mengeratkan persaudaraan. Sebab di masa kini, persaudaraan sesama marga dinilai mulai memudar.

Justru, keakraban persahabatan maupun persaudaraan, lebih tampak dengan orang lain. Sementara Dalihan Na Tolu menjadi kerangka hubungan kekerabatan darah dan perkawinan yang mempertalikan kelompok.

Jonok Partubu, Jonokan Parhundul (dekat karena lahir, lebih dekat karena duduk). Dalam adat Batak, harus lebih dekat kita dengan saudara semarga, dari pada kawan duduk,” pesan Pendeta Distrik Sendawar yang berasal dari Kota Padangsidimpuan, Sumut. #Revandi

 

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here