Hits: 0

23 Orang Tahun Ini Dialokasikan Dana Rp500 Juta Lebih

Bupati Kubar, Rama Alexander Asia bersama Sekretaris Daerah, Valentinus Tingang, memberangkatkan 23 orang yang akan menuju Mekah dan Yerusalem. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Untuk meningkatkan kerohanian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat telah memberangkatkan 116 orang ke luar negeri. Mereka naik haji ke Mekkah, Arab Saudi bagi umat Islam, dan jiarah ke Yerusalem, Israel bagi umat Kristen.

Sejak tahun 2002 program yang memang sudah disiapkan secara sistematis dan konseptual. Dijalankan dengan dukungan dana dari APBD Kubar tiap tahunnya melalui surat keputusan. Awalnya diberangkatkan masing-masing empat orang untuk naik haji dan jiarah.

Tahun berikutnya jumlah yang berhasil dikirim meningkat drastis dengan 15 orang ke Mekkah dan 30 orang ke Yerusalem. Sementara tahun 2004 menurun menjadi 18 orang naik haji dan 10 orang jiarah.

Tahun 2005 ini, pemerintah berhasil merealisasikan dana bagi 23 orang. Yakni 10 orang akan menunaikan rukun Islam kelima dan 13 orang untuk berjiarah ke tempat yang menjadi awal dari penyebaran agama-agama besar di dunia. Mereka akan berangkat pada Senin, 23 Januari 2006. Melalui keputusan Bupati Kubar Nomor:452/K.559/2005, tertanggal 8 Desember 2005.

Bupati Kubar, Rama Alexander Asia menegaskan, agar menggunakan dana yang disediakan melalui APBD ke sasaran yang tepat. Termasuk untuk meningkatkan kerohanian masyarakat. Sebagai penghargaan pemerintah bagi warga yang mendedikasikan dirinya dalam profesi masing-masing bagi kemajuan Kubar selama ini.

Rama berharap, pihak terkait yang menangani hal ini lebih selektif dalam menentukan mereka yang akan menerima penghargaan tersebut. Agar menghindari timbulnya permasalahan baru di masyarakat. Seleksi pun diharapkan mengikuti kesepakatan pihak terkait dalam menentukan kriteria calon peserta.

Program pemerintah ini, kata Rama, untuk memberikan apresiasi bagi umat yang berprestasi, itu bukan ciptaan tiba-tiba. Tetapi telah disiapkan secara sistematis dan konseptual yang disediakan melalui APBD.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here