Hits: 1

Bupati Ajak Umat Kristiani Kubar Menjaga Suasana Kondusif

Pendeta DR Ruyandi Hutasoit yang juga Ketua Umum Partai Damai Sejahtera, berdoa bertelut bersama Bupati Kubar, Rama Alexander Asia. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Halaman Kantor Bupati Kutai Barat dipadati sekitar 12 ribu umat Kristiani dari penjuru Kabupaten Kutai Barat. Sejak pukul 17.00 wita pada Selasa, 10 Januari 2006, mereka berkumpul untuk merayakan hari raya Natal bersama masyarakat lainnya.

Ketua Umum Partai Damai Sejahtera, Pendeta Ruyandi Hutasoit, mengajak seluruh warga Kubar untuk saling mengasihi sesama. Sebagai wujud penerimaan Kristus, agar selalu damai di bumi dan di hati.

“Natal adalah mengasihi dan mengampuni sesama, Doa Bapa Kami harus diamalkan. Dengan rasa damai, maka umat Kristen bersama seluruh warga Kubar bisa hidup berdampingan tanpa rasa takut dan gentar,” ujarnya dalam khotbah.

Disaksikan seluruh umat, Pendeta Ruyandi yang juga seorang dokter ahli bedah, secara khusus mendoakan Bupati Kubar, Rama Alexander Asia. Agar menjadi pemimpin yang bijaksana. Serta dituntun kuasa TUHAN dalam membawa Kubar terkemuka di masa yang akan datang.

Pendeta Ruyandi juga berdoa bagi pemerintah dan masyarakat Kubar, agar diberikan berkat oleh TUHAN. Sehingga menjadi daerah maju dalam pembangunan fisik, sumber daya manusia dan spiritual.

Ibadah terasa semarak dengan khotbah atraktif dan ilustrasi-ilustrasi lucu yang dibawakan Pendeta Ruyandi. Ditambah lagu-lagu indah yang dibawakan penyanyi yang datang bersama Pendeta Ruyandi dari Jakarta. Membuat umat tetap setia mendengarkan, walau harus duduk di lantai berumput atau sekedar berdiri.

Sebagai penyanyi lagu rohani kelas ibukota, Luhut Hutabarat dan Randi Lapian, tidak mengecewakan saat memperdengarkan suara-suara indahnya. Lagu Oh Holy Night dan Yesus Baik, yang dinyanyikan Randi dalam bahasa Dayak Benuaq dan Manado, menggugah iman umat untuk bertumbuh.

Ada 11 remaja tampil menari mengiringi lagu-lagu rohani, membuat perayaan Natal bersama Kubar kali ini berbeda dengan perayaan beberapa tahun terakhir. Turut memeriahkan perayaan ini, Vokal Group Sangkakala dari GPIB Samarinda, VG Gloria dan The Servant Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Barong Tongkok.

Natal ini juga didukung oleh penyanyi-penyanyi lokal dan para pendeta se-Kubar. Sehingga menumbuhkan kerohanian umat yang datang dengan kendaraan pribadi maupun transportasi yang disediakan panitia perayaan. Puluhan truk dan mobil bak terbuka disiapkan mengangkut warga dari sembilan kecamatan terdekat. Yakni Kecamatan Melak, Mook Manaar Bulatn, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering, Sekolaq Darat, Damai, Muara Lawa dan Nyuatan.

Rama Alexander Asia didoakan secara khusus oleh Pendeta DR Ruyandi Hutasoit saat ada Natal Bersama di halaman Kantor Bupati Kubar pada Selasa, 10 Januari 2006. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Rama mengimbau umat kristiani Kubar untuk merenungkan makna Natal yang sesungguhnya. Ia mengajak menjaga suasana yang kondusif, agar selalu tercipta kedamaian antar suku dan agama.

“Perbedaan yang kita miliki hendaknya sebagai kekayaan dan keindahan yang harus kita jaga dan kembangkan. Yang akhirnya menjadi kekuatan dalam membangun Kubar yang kita cintai ini,” katanya dalam sambutan.

Usai acara Pendeta Ruyandi mengungkapkan kekagumannya atas pembangunan di Kubar. Juga atas sikap tertib dan sabar umat dengan acara yang sempat tertunda hampir dua jam dari jadwal. Karena menunggu ia serta rombongan yang harus menumpang speedboat disebabkan penerbangan yang melayani rute Samarinda-Melak sedang libur.

“Luar biasa pembangunan ini. Kalau di Jawa, ini kantor gubernur. Salut pada umat yang tertib dan tidak gelisah sampai acara selesai. Padahal acara molor dua jam karena tidak ada pesawat,” tambahnya.

“Pernyataan TUHAN bagi Kubar luar biasa, walaupun penuh tantangan dan menguras air mata. Lima tahun lalu, tempat ini hanya ada jalan setapak, sekarang berdiri gedung megah. Kita hargai dan hormati pemimpin yang membawa kemajuan bagi Kubar,” tegas Pendeta Boyke Killy dalam sambutannya.

Ditambahkannya, perayaan natal kali ini diadakan di halaman Kantor Bupati. Agar masyarakat dapat melihat langsung dari dekat pembangunan, dan berdoa bersama untuk Pemerintah Kubar.

Bertindak mengamankan jalannya acara, Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Kutai Barat, AKP Suwito, mengaku menurunkan 120 personelnya. Termasuk para staf dan kepala-kepala satuan untuk mengamankan acara ini.

“Sebagai pelayanan polisi pada warga yang telah melaporkan even ini, dan menjaga kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Suwito sebelum acara dimulai. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here