16 Kecamatan Selesai Hitung Perolehan Suara Pemilu 2024, KPU Kubar Segera Gelar Rapat Pleno

84 views
Proses Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 Kecamatan Barong Tongkok. Foto : Istimewa

KABARKUBAR.COM – SENDAWAR.

Rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Kutai Barat untuk tingkat Kecamatan sudah selesai dilaksanakan.

Ketua KPU kabupaten Kutai Barat (Kubar) Arkadius Hanye mengatakan dari 16 kecamatan se-Kutai Barat semua sudah selesai melakukan pleno rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu 2024.Kamis 22 Februari 2024.

” 15 kecamatan sudah selesai sampai subuh tadi, dan satu kecamatan yakni Bentian Besar baru selesai jam 11 tadi siang, jadi 16 kecamatan selesai untuk Pleno tingkat Kecamatan,” jelas Arkadius Hanye.

Menurut Arkadius dalam proses rekapitulasi perolehan suara pemilu 2014, masing – masing kecamatan itu memiliki tantangan tersendiri sehingga ada rapat pleno yang lebih lama.

Pemilih saat menyalurkan Hak Pilihnya di TPS 01 Kampung Balok Asa. Foto : Istimewa

Misalnya untuk kecamatan Barong Tongkok, pleno sudah dimulai sejak 17 Februari namun baru selesai dini hari 22 Februari 2024 dikarenakan memiliki jumlah DPT dan TPS terbanyak se-Kutai Barat.

Sementara untuk kecamatan Mook Manar Bulatn yang menjadi kendala adalah dari luas wilayah dan akses internet yang kurang memadai.

Sedangkan kecamatan Bentian Besar baru mulai Pleno tanggal 21 Februari karena ada Pemungutan suara ulang (PSU) di 4 TPS.

”Di Kecamatan Bentian Besar itu ada 4 TPS yang PSU dari 14 TPS. Jadi itu berpengaruh waktu pleno di tingkat kecamatan,” katanya.

Dengan selesainya Pleno ditingkat kecamatan maka sesuai dengan tahapan KPU Kutai Barat akan melakukan pleno tingkat kabupaten mulai 24 Februari sampai 4 Maret 2024 mendatang.

”Sebenarnya berdasarkan Juknis (petunjuk teknis) pelaksanaan pleno tingkat kecamatan itu diberikan waktu mulai 15 Februari sampai 3 Maret. Tapi ini mereka sudah selesai. Nanti kita lanjutkan ke tingkat kabupaten mulai 24 Februari,” ucap Hanye.

Ditambahkan Ketua KPU Kubar, terkait siapa saja 25 politisi yang akan duduk di perwakilan daerah Kabupaten Kutai Barat, akan diketahui setelah KPU menggelar Rapat Pleno.

Namun berdasarkan Sirekap untuk Daerah Pemilihan ( Dapil )satu dengan persentase 79,28 persen data yang masuk atau 199 TPS dari 251 TPS, nampaknya akan banyak wajah – wajah baru yang akan duduk di kursi wakil rakyat Kabupaten Kutai Barat.

Diantaranya ada Politisi Partai Demokrat, Adrianus dengan perolehan suara sementara sebanyak 1.121, kemudian Politisi Partai Golkar,Agustinus dengan perolehan suara 1.592. Sedangkan Caleg Incumbent Politisi Partai Hanura Rull Riska Risandie dengan perolehan suara sementara 1.636 diprediksi akan terpilih menjadi wakil rakyat kembali.# Jerry

Komentar

comments