Hits: 0

Potong Tumpeng dan Bagi Hadiah Lomba Tradisional

Para pemenang 3 lomba tradisional (Begasing, Belogo dan Menyumpit), bersama Bupati Kutai Barat dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mengajak masyarakat kembali meresapi arti tiap langkah dan gerak pada lembaran awal pembangunan di Kubar. Untuk memaknai perjalanan sejarah pembentukan Kubar, bupati meminta mengingat para tokoh yang berjuang bagi terbentuknya Kubar sebagai sebuah daerah otonomi baru.

“Ada istilah Jas Merah, atau Jangan Melupakan Sejarah. Artinya bahwa kita tidak boleh lupa akan perjuangan para tokoh masyarakat, tokoh adat dan sesepuh atas terbentuknya Kabupaten Kubar ini,” ujarnya dalam amanat selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-18 Kabupaten Kutai Barat, Senin 6/11/2017 di Taman Budaya Sendawar, Barong Tongkok.

Yapan mengatakan, proses pembangunan Kubar harus merangkum semua aspek kehidupan dengan cara pendekatan yang terintegrasi serta sinkron. Momen ulang tahun Kubar diminta jadi prestasi ke depan. “Saya harap dapat dipahami, bahwa seluruh proses pembangunan adalah tanggung jawab kita semua. Mari kita rapatkan barisan serta bahu membahu membangun Kubar,” jelasnya.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, memotong nasi tumpeng didamping Ketua DPRD Kubar Jackson John Tawi, Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, Wakil Ketua DPRD Kubar Paul Vius dan Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Suksesnya pembangunan Kubar hingga 2021 mendatang, imbuh bupati, memerlukan pertisipasi semua elemen masyarakat tanpa terkecuali. Peringatan HUT diharap jadi sebuah inspirasi serta motivasi bersama. Untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan di daerah dengan karya dan prestasi, serta kerja yang produktif. “Dibarengi persatuan dan jalinan persaudaraan yang kuat, serta rasa solidaritas yang tinggi. Sehingga keseluruhan visi misi pembangunan dapat tercapai,” pesan Yapan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kubar Jackson John Tawi, Wabup Kubar H Edyanto Arkan, Wakil Ketua DPRD Kubar Paul Vius, dan Sekretaris Kabupaten Kubar Yacob Tullur. Tampak juga Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Inf Wahyudi, Waka Polres Kubar Kompol I Gede Pasek Mulyasa, Kasubag Bin Kejari Kubar Syaripuddin, Kepala Perwakilan AURI Kubar Letda Lek Edi Iswahyudi, dan Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu.

Bupati mengajak masyarakat Kubar turut serta dalam pembangunan Kutai Barat dengan tidak melupakan sejarah perjuangan para tokoh dan sesepuh. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Peserta upacara terdiri dari gabungan instansi dan para pelajar. Yakni 1 SST Kodim 0912/KBR, 1 SST Polres Kubar, 2 SST Satpol PP, 4 SSK PNS dan Honorer, 1 SST Korsik Kubar dan 1 SSK gabungan mahasiswa SLTA, SLTP dan SD. Hadir juga Asisten II dan III Setkab Kubar, para Anggota DPRD Kubar, Pejabat OPD di lingkungan Pemkab Kubar, dan ratusan masyarakat.

Acara bertema ‘Kita wujudkan kehidupan masyarakat yang berdaya saing dan berbudaya menuju Kutai Barat yang semakin adil, makmur dan sejahtera, diisi beragam kegiatan. Salah satunya pembagian hadiah lomba olahraga dan permainan tradisional. Penampilan penari dan Marching Band, serta Pemotongan Tumpeng. #Lilis Sari


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here