Hits: 0

KPU Kubar Mutakhirkan Data Pemilih

Komisioner KPU Kutai Barat Divisi SDM dan Pendidikan Pemilih, Johanes Nuel

BARONG TONGKOK – Komisi Pemilihan Umum Kutai Barat terus memutakhirkan data pemilih untuk 16 kecamatan se-Kubar. Tujuannya, mendapatkan Daftar Pemilih Tetap Pilkada serentak  9 Desember 2015 mendatang. Terhadap proses data pemilih, KPU Kubar menyatakan telah menyerahkan kepada petugas lapangan yakni, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

Diungkapkan Komisioner SDM/Pendidikan Pemilih KPU Kubar, Johanes Nuel, PPDP pun telah selesai melaksanakan proses Cocok dan Teliti pada 29 Juli lalu. Terhadap data penduduk yang berhak atau tidak ikut Pilkada Kubar tahun 2015, mulai berjalan sejak 31 Juli di tingkat PPS dan pada 2 Agustus di tingkat PPK. “Selanjutnya akan diserahkan oleh PPDP ke KPU Kubar,” katanya.

Nuel mengatakan, dari analisa itu nanti KPU Kubar akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara. Setelah ditetapkan melalui pleno akan dikembalikan lagi kepada PPK dan PPS, guna mengetahui apakah di dalam DPS ada warga yang belum terdaftar namanya. Jika belum lengkap atau ada nama warga yang belum terdaftar, maka disebutlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dari pemutakhiran data itu. “Dari hasil rekapan itu, selanjutnya KPU Kubar akan menetapkan DPT,” tukas dia.

Setelah DPT ditetapkan oleh KPU, imbuh Nuel, selanjutnya diserahkan lagi kepada PPK hingga PPS. Agar seleksi terakhir tidak ada lagi nama warga yang berhak ikut pemilu tertinggal. Jika masih ada nama yang belum terakomodir di dalam DPT, akan dimasukan ke dalam DPT Tambahan. “Peran PPK dan PPS sangat penting dalam mendata nama warga di kecamatan dan kampung yang berhak ikut Pilkada 2015,” jelasnya.    #M Imran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here