210 Personel Disiagakan di 11 Pos, Operasi Ketupat Mahakam 2022 Antisipasi Ragam Pidana

0
80
gsdfg
dfgdfg

Ancaman Terorisme hingga Aksi Sweeping dan Antrean Kelangkaan BBM

Wakil Bupati Kubar didampingi Kapolres Kubar dan Komandan Kodim 0912/Kubar, memberi penjelasan seputar Operasi Ketupat Mahakam 2022. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Mahakam 2022 digelar serentak di seluruh Indonesia pada Jumat, 22 April 2022. Di Kabupaten Kutai Barat, digelar gabungan di halaman Markas Kepolisian Resor Kutai Barat.

Operasi Ketupat Mahakam 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari. Mulai 28 April hingga 9 Mei mendatang yang diharapkan berjalan dengan aman dan lancar.

Pelaksanaan pengamanannya disiapkan tiga Pos Terpadu dan Pos Pelayanan. Sedangkan Pos Pengamanan ada 11 titik di lokasi rawan dan yang ramai masyarakat.

Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah disiapkan 210 personel. Sebanyak 150 di antaranya dari Polres Kubar. Sisanya dari TNI, Dishub dan Satpol PP.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan amanat kepada seluruh petugas pengamanan. Beberapa poin yang menjadi fokus pengamanan dibacakan oleh Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan.

Amanat bertema ‘Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah 2022’.

Penekanan untuk mengimbau dan mengawasi kedisiplinan masyarakat dalam Protokol Kesehatan. Menjaga dan mengamankan pelaksanan ibadah Idul Fitri, serta mengawasi persyaratan perjalanan mudik masyarakat.

Perwakilan dari 210 personel yang disiapkan mengamankan Perayaan Idul Fitri 11443 Hijriyah, disematkan tanda oleh Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Kemudian, melakukan testing, tracing dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi Corona Virus Disease atau Covid-19. Juga melaksanakan random check swab antigen dan mempercepat program vaksinasi. Serta melakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

“Mari kita bergandengantangan, bersinergi, saling menjaga perayaan Idul Fitri berjalan dengan aman, lancar dan sehat,” terangnya kepada ratusan personel dari TNI-POLRI, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Ditekankan juga terkait gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat yang harus didiantisipasi. Yakni ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping, kenaikan harga dan kelangkaan barang pokok. Termasuk antrean kelangkaan BBM, dan penyakit masyarakat.

Tidak ketinggalan juga kemungkinan konflik buruh terkait THR. Balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelahian, aksi perusakan fasilitas umum dan kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19.

“Seluruh personel selamat bertugas. Mari selalu menjaga stamina, kesehatan dan lakukan pengaman secara profesional dan humanis. Berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan merayakan Idul Fitri bagi seluruh umat muslim,” tutupnya.

Kapolres Kutai Barat, AKBP Sonny Henrico Parsaulian Sirait menjelaskan, kepolisian bersinergi dengan Bantuan Kendali Operasi dari Brimob, Kodim 0912/KBR serta Pemkab Kubar.

“Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi seluruh umat yang menjalankan. Kami imbau seluruh masyarakat agar bersama-sama saling menjaga kamtibmas dan prokes bersama dalam menjalankan perayaan Idul Fitri 11443Hijriyah tahun 2022 ini,” tukasnya dalam wawancara. #Lilis Sari

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here