Hits: 20

Ekti Imanuel Siap Sukseskan Peda KTNA XI Kaltim di Kubar

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Tani di Kecamatan Sekolaq Darat pada Rabu, 22 September 2021. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

SEKOLAQ DARAT – KABARKUBAR.COM

Sebanyak 25 Kelompok Tani atau Poktan di Kecamatan Sekolaq Darat menerima bantuan 23.090 liter pupuk hayati cair. Bantuan itu berasal dari Pokok-pokok Pikiran atau Pokir Anggota DPRD Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel. Yang direalisasikan dalam Bantuan Keuangan Pemprov Kaltim tahun anggaran 2021.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan wakil rakyat. Baik tingkat provinsi maupun DPR RI yang mengalokasikan 174.790 liter pupuk cair untuk petani di 16 kecamatan.

Termasuk petani dalam 25 Poktan yang tersebar di delapan kampung berbeda di Sekolaq Darat yang memiliki lahan seluas 2.309 hektare. Bupati mengimbau seluruh pihak yang telah menerima bantuan agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Untuk memajukan dunia pertanian di Tanaa Purai Ngeriman,” katanya saat penyerahan secara simboli bantuan pupuk cair dan sejumlah alat pertanian di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Sekolaq Darat pada Rabu, 22 September 2021.

Bupati menjelaskan, bantuan yang diberikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Juga untuk pengembangan sentra produksi, dan mengoptimalkan lahan dan mutu hasil pertanian. Serta meningkatkan produksi perkebunan dan mendukung program komando strategis pembangunan pertanian.

“Saya mengajak seluruh pihak untuk konsisten mendukung sukses program ini. Sehingga bantuan-bantuan yang ada benar-benar mendorong para Poktan untuk lebih bersemangat berkarya di bidangnya masing-masing, demi kesejahteraan masyarakat tentunya,” katanya.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, menyerahkan secara simbolis bantuan alat pertanian kepada perwakilan Kelompok Tani di Kecamatan Sekolaq Darat. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Selain pupuk cair, ada juga bantuan berupa 2 unit pompa air, 2 unit handtractor rotary, 1 unit handsprayer electrik. Bantuan itu bersumber dari Kementerian Pertanian yang merupakan Aspirasi dari Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya, G Budisatrio Djiwandono.

Ekti Imanuel mengatakan, ia harus membantu pertanian di Kubar. Yang merupakan program Pemkab Kubar melalui visi dan misi terkait ketahanan pangan. Selain pupuk cair dan sejumlah peralatan pertanian, ada juga bantuan bibit.

Berkaitan dengan agenda penyelenggaraan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA ke-XI Provinsi Kaltim di Kubar, Ekti Imanuel mendukung penuh. Termasuk seluruh dalam koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan dinas pertanian. “Apa yang bisa kita bantu? Karena tentu tahun 2024 kita ingin sukses sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Bantuan pupuk hayati cair yang diterima petani di Sekolaq Darat, merupakan Pokok-pokok Pikiran Anggota DPRD Kaltim, Ekti Imanuel. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Tidak hanya soal pertanian, kesiapan di bidang lainnya pun menjadi perhatian. Salah satunya terkait akses dari dan menuju Kubar yang saat ini kondisinya rusak. Ia telah berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi.

“Ya, itu sebenarnya sudah ada karena prosesnya dari APBN. Terkaitnya jalan masih rusak itu, saya lihat proses berjalan continue (berlanjut). Jalan trans kalimantan dari Samarinda ke Kubar tahun 2021 ini sudah mulai dikerjakan. Ada tiga proyek multiyears (tahun jamak),” terang Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya Kabupaten Kutai Barat ini.

Momen penyerahan bantuan tersebut bersamaan dengan Peresmian Ruang Data dan Informasi BPP Kecamatan Sekolaq Darat. Serta peluncuran Sayembara Logo Peda KTNA XI Kaltim di Kubar. Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Kutai Barat H Edyanto Arkan, Ketua DPRD Kubar Ridwai, Sekretaris Daerah Ayonius, dan Plt Asisten II Nopandel.

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian Kubar Petrus, Kepala Dinas Perikanan Kubar Alexander Samson, serta perwakilan kelompok tani. “Saya akan bantu mengadakan AC (air conditioning) di sini,” kata Ekti Imanuel saat dicurhati belum adanya alat pendingin ruangan di bangunan yang diresmikan tersebut. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here