4 Kapolsek Bergeser, Kabag Sumda dan Kasat Binmas Berganti

Kepala Polres Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabag Sumda, Kasat Binmas dan 4 Kapolsek jajaran Polres Kubar di Aula Markas Polres Kubar, Rabu 10/10/2018. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Rabu, 10/10/2018 pagi tadi, dilakukan Serah Terima Jabatan jajaran Kepolisian Resor Kutai Barat. Ada empat jabatan Kepala Kepolisian Sektor yang diserahterimakan, dan dua posisi Perwira Menengah. Mutasi berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Nomor: KEP/500/SEMBILAN ROMAWI/2018 dan Nomor: KEP/498/SEMBILAN ROMAWI/2018. Surat tertanggal 24 September 2018 itu ditandatangani Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Priyo Widyanto MM.

Dari enam jabatan yang diserahterimakan, ada yang menarik. Yaitu Inspektur Polisi Satu Purwanto yang ‘pulang kampung’ ke Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun. Sebab ia dipercayakan memimpin Polsek Long Bagun yang bermarkas di Ujoh Bilang. Sebelumnya, Iptu Purwanto adalah Kapolsek Long Hubung dengan markas di Kampung Data Bilang, Kecamatan Long Hubung selama tiga tahun sepuluh bulan.



Sebelum itu, Iptu Purwanto sempat beberapa lama menjadi Perwira Pertama di Polres Kubar usai menyelesaikan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi pada Angkatan 40. Disebut ‘pulang kampung’, sebab Iptu Purwanto sudah menjadi warga Long Bagun lebih dari lebih dari 26 tahun. Ketika masih berpangkat Bintara hingga jabatan terakhir sebagai Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Long Bagun.

Iptu Purwanto yang kini memiliki satu putri dan dua putra, tercatat sebagai warga RT 10 Kampung Ujoh Bilang. Sejak bertugas di Long Bagun pada tahun 1992, Iptu Purwanto dikenal ramah, dan cepat tanggap dalam tugasnya.

Kapolres Kubar menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Bagian Sumber Daya Polres Kubar yang baru, Kompol Iswahyudi SIP MSi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Saya sangat senang beliau bisa kembali ke Long Bagun. Bukan karena sudah bersahabat baik sejak saya masih lajang berumur 21, hingga sekarang sudah 50 tahun lebih, tapi memang orangnya baik. Semoga bisa ikut membangun Long Bagun lebih baik dari segi Kamtibmas, dan ide-ide pembangunan juga,” ungkap Amit Salim, pernah menjabat Petinggi Ujoh Bilang selama 12 tahun.

Sertijab yang dipimpin Kepala Polres Kubar Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan SIK SH, dilakukan di Aula Polres Kubar. Antara lain, Komisaris Polisi Teguh Joko Sriyono dari Kepala Bagian Sumber Daya Polres Kubar menjadi Kepala Sub Bagian Instruktur Tenaga Pendidik Sekolah Polisi Negara Polda Kaltim. Sebagai panggantinya adalah Kompol Iswahyudi SIP MSi yang tadinya menjabat Kepala Sub Bagian Seleksi Bagian Pengendalian Personel Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim.

Inspektur Polisi Satu Purwanto, menandatangani Berita Acara Serah Terima Jabatan di hadapan Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kemudian Ajun Komisaris Polisi Maryono yang tadinya menjabat Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Kubar, akan akan menjadi Perwira Pertama Polres Kutai Kartanegara. Posisinya akan diisi Iptu Eko Adrijanto yang tadinya adalah menjabat Kepala Polsek Long Pahangai, dimutasi menjadi Pejabat Sementara Kasat Binmas Polres Kubar.

Kapolsek Long Bagun yang dijabat Iptu Kasiyono SH, dimutasi sebagai Perwira Urusan 1 Korps Siswa SPN Polda Kaltim di Balikpapan. Dan posisinya digantikan Iptu Purwanto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Long Hubung. Lalu pengisi jabatan ditinggalkan Iptu Purwanto, diangkat Inspektur Polisi Dua Gatot Siswanto SSos yang sebelumnya menjabat Wakil Kapolsek Long Bagun.



Iptu I Wayan Witra yang tadinya menjabat Kapolsek Long Apari, akan menduduki posisi Kasubbag Humas Bagian Operasional Polres Kubar. Sedangkan posisi sebelumnya akan diisi Iptu Ruwandiantono yang tadinya adalah Wakil Kapolsek Long Apari. Terakhir adalah Ipda I Nyoman Darta yang tadinya sebagai Kasat Tahanan dan Barang Bukti, akan menduduki posisi sebagai Kapolsek Long Pahangai.

Dalam amanatnya, Kapolres Kubar menyebut amanah saat memegang jabatan tertentu merupakan kepercayaan pimpinan. Segala pengalaman di Kubar bisa dijadikan bekal bertugas di wilayah lain nantinya. Dan akan menjadi kian mampu melaksanakan tugas di manapun.

“Disini akan ada pengalaman tugas unik dengan keterbatasan. Jauh dari keluarga, jauh dari keramaian kota dan timbul tenggelamnya sinyal komunikasi,” pesan AKBP Putu Setiawan. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here