Hits: 17

Lahan Pemukiman Sekarang Hanya Pinjam

Pemukiman di Oung Sange yang masuk wilayah Kampung Long Penaneh 3 telah mulai dibangun di tepian Sungai Kacu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG APARI – KABARKUBAR.COM

Setelah 51 tahun hijrah ke tepian Sungai Mahakam, para tetua tiga kampung di Kecamatan Long Apari berniat kembali ke asal. Berbagai alasan mendasari tekad itu. Salah satunya, tanah subur, sungai dan hutan yang masih kaya akan sumber makanan.

“Kami berencana kembali ke asal di tepian Sungai Kacu (Sungai Kassau) sana. Apalagi kalau jalan darat sudah bagus,” ungkap Kepala Kampung atau Petinggi Long Penaneh 3, Yohanes Singaq.

Singaq mengatakan, pembangunan jalan dilaksanakan oleh Zeni Tempur TNI AD pada tahun 2019. Proyek didanai APBN itu membuka hutan hingga perbatasan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Jalan tersebut berjarak sekitar 70 kilometer dari ibukota Kecamatan Long Apari ke batas Kalbar. Beruntung, akses itu melintasi tanah ulayat milik lebih dari 200 kepala keluarga yang kini tercatat warga di tiga kampung. Yakni Long Penaneh 1, Long Penaneh 2 dan Long Penaneh 3.

Hanya saja, kondisi jalan saat ini sebagian besar sudah kembali ditumbuhi semak belukar. “Baru 6 kilometer yang sudah perkerasan di tahun 2021. Coba cepat diaspal, kami bisa cepat pindah ke Sungai Kacu,” katanya.

Jalan yang telah dibuka Zeni Tempur TNI AD pada tahun 2019, melintasi wilayah asal Kampung Long Penaneh 3 yang kini tampak telah ditumbuhi semak belukar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here