Hits: 2

Berupa Paket Sembako, dan Peralatan Rumah Tangga

Kebakaran yang terjadi di Jalan Setia Jaya RT 01 Kampung Gemuruh, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, menghanguskan tiga rumah. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MOOK MANAAR BULATN – KABARKUBAR.COM
Sore hari sekitar pukul 17.15 Wita, kobaran api mengamuk di Jalan Setia Jaya RT 01 Kampung Gemuruh, Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Tiga rumah pun ludes, dan rata dengan tanah. Sebanyak 10 jiwa dalam tiga kepala keluarga pun kehilangan tempat tinggal, dan barang berharga milik mereka. Ardiansyah, Pari dan Habel bersama anak istri masing-masing mengalami kerugian tidak sedikit.



Menurut sejumlah warga setempat, kebakaran bermula dari salah satu rumah. Diduga api merembet dari kayu bakar di dapur yang ditinggal penghuni rumah. Selama 21 menit api mengamuk dan baru berhasil dipadamkan warga dengan sekuat tenaga saling membantu dengan alat seadanya. Karena tidak sempat memanggil mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Melak yang berada di seberang Sungai Mahakam.

Melihat itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat tidak tinggal diam. Dan memberikan bantuan melalui Dinas Sosial. “Kami serahkan bantuan berupa sembako, dan peralatan rumah tangga. Kami harap, keluarga yang menjadi korban kebakaran ini jangan melihat berapa jumlahnya. Tapi lihatlah niat Dissos dalam silaturahmi dengan keluarga yang tertimpa musibah,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kubar, Wilhelmus, Selasa 6/11/2018 di lokasi kebakaran.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kubar, Wilhelmus, menyerahkan bantuan kepada tiga keluarga korban bencana kebakaran di Kampung Gemuruh, Selasa 6/11/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Wilhelmus yang meninjau lokasi kebakaran bersama para Kepala Seksi Dissos Kubar, didampingi Kepala Kampung Gemuruh. Ia mengajak semua pihak bekerjasama mencari bantuan untuk membantu para korban bencana. “Kita harap dapat dibantu lewat dana Bantuan Sosial, sesuai aturan berlaku. Mengingat korban habis harta bendanya, hangus terbakar. Bersyukur tidak ada korban jiwa. Kami turut merasakan apa yang diderita keluarga disini,” katanya.

“Kami atas nama keluarga korban, berterimakasih kepada Dissos yang memberi bantuan meringankan beban kami. Mohon di lain waktu bisa membantu kami juga,” ungkap Ardiansyah.

Wilhelmus bersama Petinggi Gemuruh, para Kasi Dinas Sosial dan korban kebakaran meninjau lokasi yang sudah rata dengan tanah. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Bantuan yang diberikan Dissos Kubar bersumber dari tiga mata anggaran. Pertama dari APBD Kabupaten Kutai Barat berupa paket sembilan bahan pokok. Yaitu Beras 15 kilogram, Gula 3 kilogram, Kopi 3 bungkus, Teh 3 kotak, Minyak Goreng 3 bungkus, Susu 3 kaleng, Mie Instan 60 bungkus dan Biskuit 3 bungkus. Bantuan itu diserahkan Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dissos Kubar, Suriwati.

Suriwati juga menyerahkan bantuan yang bersumber dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam. Berupa Family Kit 3 paket, Food Ware 3 paket, Tempat Nasi 3 unit, Rantang 3 Susun sebanyak 3 unit dan Paket Sandang 3 paket.



Terakhir adalah bantuan yang diserahkan Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dissos Kubar, Matias Singan. Bantuan dari anggaran Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial itu berupa Tenda Gulung 3 lembar, Matras 6 lembar, Selimut 3 lembar, Seragam SD perempuan dan laki-laki masing-masing 1 setel, Seragam SMP laki-laki 1 setel serta Baju Kaos dan Celana Anak 3 setel. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here