Hits: 29

Program iCare Kubar dan Akan Diadakan Lagi pada 23-25 April 2021

Program Hapus Tato oleh iCare Kabupaten Kutai Barat diikuti 380 orang dan kebanyakan dari peserta adalah perempuan. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

MELAK – KABARKUBAR.COM
Program hapus tato jadi tren baru di Kabupaten Kutai Barat. Apalagi ada lembaga sosial, iCare Kabupaten Kutai Barat siap membantu mereka yang ingin menghilangkan tatonya. Pelayanan yang didasari kemanusiaan itu telah berjalan enam kali di Kubar. Pekan depan akan diadakan program ke tujuh.

“Ini jadi program reguler untuk membantu masyarakat Kubar yang ingin menghilangkan tato, dan terus kami laksanakan,” ujar Jamidi selaku Pembina iCare Kubar pada Senin, 19 April 2021 di Sekretariat iCare Kubar, Jalan Ahmad Yani RT 14 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak.

Sesuai rencana atau program iCare Kubar, hapus tato akan terus dilaksanakan setiap bulan. Karena masih banyak masyarakat yang mau menghapus tatonya. Nantinya, dan sudah direncanakan akan road show ke kampung-kampung atau kecamatan lain.  “Tidak menutup kemungkinan ke Kabupaten Mahakam Ulu,” tambah Jamidi.

Menurut Rizky Permana selaku Direktur iCare Kubar, hingga saat ini peserta yang ikut kurang lebih 380 peserta. Uniknya, kebanyakan dari peserta yang menghapus tatonya adalah perempuan. “Karena adanya aturan tidak boleh diikuti wanita hamil dan menyusui, maka ada penurunan sekitar 35 persen peserta,” katanya.

“Program hapus tato yang ke tujuh akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 25 April 2021 untuk bulan ini,” imbuhnya.

Salah seorang yang telah mengikuti program hapus tato, BM yang berusia 20 tahun, mengaku dengan sukarela menghapus tatonya. Tato di lengan kirinya tampak indah sebagai sebuah karya seni. Apalagi berupa gambar etnik khas suku Dayak di Kaltim.

“Saya mau mendaftar jadi Prajurit TNI, paling lambat tahun depan. Mudah-mudahan tato ini bisa hilang total. Karena masih harus ikut sekali lagi hapus tatonya. Butuh waktu enam bulan dari hapus tato pertama kali ke sesi berikutnya,” ungkap pria yang bekerja sebagai penjual mobil salah satu dealer mobil di Kubar.

“Pengen hapus saja tato ini. Saya sudah punya anak, malu nanti kalau dilihat anak, dikira saya nakal. Kalau orangtua dan suami saya, sudah lama tahu saya punya tato,” kata seorang ibu asal Kecamatan Barong Tongkok, yang telah berhasil menghapus tato bergambar bunga mawar di bahu sebelah kanannya.

Program hapus tato sendiri adalah program reguler dari iCare Kubar, yang dikenakan biaya untuk satu tato ukuran smartphone senilai Rp100 ribu. Uang tersebut akan digunakan untuk infaq bagi mereka yang membutuhkan. Seperti janda, lansia dan anak yatim-piatu.

“Biaya yang ditarik iCare itu sudah sangat murah, sama saja gratis. Karena kalau hapus tato di Jakarta saja, harus bayar paling tidak Rp100 ribu untuk setiap centimeter. Jadi kalau ukuran HP (handphone), harusnya bayar Rp5 juta. Itu pun harga di Jakarta loh,” kata Sonny Lee Hutagalung, pemerhati sosial.

Sonny mengatakan, laser masih jadi pilihan terbaik untuk menghapus tato permanen. Memang diakui butuh biaya tidak sedikit, tapi hasilnya sangat memuaskan. Meski mahal, cara ini paling efektif.

Hapus tato menggunakan sinar laser terbukti lebih efektif dan hasilnya memuaskan bagi mereka yang ingin menghilangkan tatonya secara permanen. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Dengan beberapa kali sesi penembakan sinar laser, pigmen atau zat warna dalam tinta tato akan dipecah lalu pecahannya akan diserap tubuh sehingga makin lama makin pudar lalu hilang dengan sendirinya. “Jadi sangat bersyukur ada iCare yang menyubsidi biaya hapus tato menjadi hanya Rp100 ribu,” pungkasnya.

Ditambahkan Aris Iswanto selaku Manager Kemitraan dan Humas iCare Kubar, program iCare Kubar banyak dan tidak hanya hapus tato. Ada program berbuka puasa bersama dan membagikan sembako di dua kampung Sabtu dan Minggu lalu.

Termasuk bantuan rumah ibadah yang sudah terealisasi di Kampung Asa, Kecamatan Barong Tongkok dan Kampung Tondoh di Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Karena sudah masuk dalam program binaan. Termasuk bagi-bagi Al Qur’an untuk musala yang ada di Kubar.

“Terus akan kami jalankan, karena banyaknya minat dari para donatur untuk berdonasi ke saudaranya di Kubar. Maka itu adalah pemicu semangat kami untuk berbagi kepada saudara kami,” katanya.

iCare Kubar mengajak masyarakat Kubar yang ingin berdonasi, infaq, dan zakat. Juga bantuan lain seperti sekolah, anak yatim-piatu, janda, dan lansia. Dengan menghubungi langsung di nomor WhatsApp 082260726166. #Andry Anhar

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here