Bupati Ajak Sepaham Dalam Menjalankan Tanggung Jawab

Bupati Kubar mengajak seluruh masyarakat sepaham saat menjalankan tugas dan tanggung jawab. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Meski 386 personel harus konsentrasi untuk pengamanan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur, Kepolisian Resor Kutai Barat masih berjanji merespon cepat aduan masyarakat. Termasuk yang berkaitan dengan tindak pidana pembalakan liar atau Illegal Logging. Selain memiliki aturan hukum yang jelas, pembalakan liar menjadi perhatian dunia.

“Saya harapkan bantuan masyarakat jika menemukan illegal logging. Tentunya dengan bukti yang kuat, segera informasikan ke pihak kepolisian. Agar kami dapat menindaklanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegas Kepala Polres Kubar, Ajun Komisaris Besar Polisi I Putu Yuni Setiawan, Rabu 4/4/2018.

Putu Setiawan menjelaskan, penindakan illegal logging tidak berkaitan dengan Linmas. Namun murni penegakan hukum dari pihak kepolisian. Itu sebabnya, beberapa tahun belakangan, gencar dilakukan pemantauan atas indikasi terjadinya pembalakan liar.

“Intinya penegakan hukum tetap berjalan, meski lebih dari separuh personel fokus pada Pilgub Kaltim,” katanya saat Apel Siaga dan Penyerahan Perlindungan Masyarakat dalam rangka pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 di Alun-alun Itho.

Soal penyerahan Linmas dari Pemkab Kubar kepada Polres Kubar, kata Putu Setiawan, akan berstatus Bawah Kendali Operasi atau BKO. Limas nantinya bersama personil Polri-TNI dan lapisan masyarakat, bersama-sama akan mengamankan proses demokrasi pada 27 Juni 2018. Seluruh Tempat Pemungutan Suara pelaksanaan Pilgub Kaltim akan menjadi sasaran pengamanan.

Bupati Kubar FX Yapan dan Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, menandatangani Berita Acara Apel Siaga dan Penyerahan Perlindungan Masyarakat dalam rangka pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 di Alun-alun Itho, Rabu 4/4/2108. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Sebagai inti target kepolisian, adalah terciptanya situasi aman dan kondusif. Baik sebelum, pada saat dan berakhirnya Pilgub Kaltim 2018, khususnya di wilayah Kubar dan Mahakam Ulu. Linmas dilatih apa yang harus dilakukan saat aman atau ada masalah di TPS. Terpenting diantisipasi adalah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas. Bencana alam juga menjadi perhatian untuk diantisipasi di luar kamtibmas.

Sementara Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, harus memiliki paham yang sama untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab. Untuk mencapai kesejahteraan hidup dan Pilgub Kaltim 2018 dapat sukses, harus tertib, aman dan tenteram. Sebanyak 386 personel, 90 dari BKO dan 2.050 orang tersebar di 16 kecamatan se-Kubar, ambil bagian khusus selama proses Pemilukada. “Kita akan mengikuti agenda besar, termasuk Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019,” pesannya.

Sebagai mahluk cinta damai, kata Yapan, para personel Satuan Linmas dapat mengerjakan perannya dengan baik. Dan mengasah terus keterampilan, serta penuh kesisiplinan. “Saya berharap dapat mengoptimalkan peran dan fungsi masing-masing. Serta bekerjasama menyukseskan dan dapat hidup dalam toleransi. Agar dapat mewujudkan Hari Esok Lebih Baik Dari Pada Hari Ini,” ujarnya.

Acara ini dihadiri Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kubar Sentot. Ada juga Asisten III Setkab Kubar Aminuddin, Ketua KPU Kubar FX Irianto, Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja, Kepala Dishub Rakhmat. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here