Hits: 0

Diserahkan Dissos dan BPBD Bagi 17 Jiwa

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat, Theresia, memimpin penyerahan bantuan kepada korban kebakaran yang disaksikan juga pihak Polres Kubar. 
LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Api yang berkobar di Jalan Ahmad Yani RT 01 Kelurahan Barong Tongkok, melalap rumah penduduk, Selasa 18/12/2018 subuh kemarin. Api pun baru dapat dipadamkan setelah melalap ludes empat rumah yang terdiri dari usaha bengkel motor, distro, warung makan dan kos-kosan itu. Prihatin atas musibah yang dialami 17 jiwa dalam empat kepala keluarga itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat pun memberikan bantuan bagi para korban.



Empat bangunan yang ludes adalah, Bengkel Lufti Motor milik Latang (38), Toko Distro Hadan N milik Herman (35), Warung Mie Ayam Hari Irawan (30) dan Kos-Kosan milik Rohimah. “Apa yang kita berikan ini sekedar membantu meringankan beban para korban,” ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat, Wilhelmus, saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan korban kebakaran.

Bantuan yang diberikan berupa sembilan bahan pokok, dan bahan sandang. Antara lain; Tenda Gulung empat lembar, Matras delapan lembar, Seragam SD Perempuan tiga setel, Family Kit dan Food Ware empat paket, Kids Ware dua paket, Tempat Nasi dan Rantang Susun 3 sebanyak empat unit, Paket Sandang empat paket dan Selimut empat lembar.

Perwakilan korban kebakaran menerima bantuan yang diserahkan Dinas Sosial, BPBD dan Tagana Kubar. 
LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Selanjutnya, masing-masing KK mendapat Beras 20 kilogram, Mi Instan 80 bungkus, Teh empat kotak, Kopi dan Biskuit empat bungkus, Susu dan Minyak Goreng empat kaleng, serta gula empat kilogram. Bantuan yang diserahkan oleh Dissos Kubar dan Taruna Siaga Bencana itu bersumber dari APBD Kabupaten Kubar. Selain bantuan tersebut, Dissos mendirikan Tenda Keluarga selama dua hingga tiga hari.

Bantuan pemerintah juga disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar. Berupa sebanyak enam sak beras seberat masing-masing lima kilogram, Mi Instan delapan dus, Air Mineral dan Sarden empat dus, Minyak Goreng dua liter sebanyak empat bungkus, dan Tas Sekolah tiga paket.

Api yang berkobar sekitar pukul 03.50 Wita, menghanguskan empat rumah di Jalan Ahmad Yani RT 01 Kelurahan Barong Tongkok, berhasil dipadamkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan gotong royong masyarakat. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Ada bantuan lainnya yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, berupa Sepatu Sekolah dan Kaos Kaki tiga pasang. “Kami tidak sempat menggeluarkan barang barang, semuanya ludes terbakar,” ungkap salah satu korban di lokasi kebakaran.

Sekretaris Dissos Kubar, Theresia, berharap warga yang terkena musibah tetap semangat. Selalu menjaga kesehatan, tetap bangkit, harus kuat dan tetap menjalani hidup yangbaru dengan penuh semangat. “Saya harap seluruh masyarakat agar terus waspada dan berhati-hati atas bahaya api,” ujarnya.



Sekretaris Kecamatan Barong Tongkok, Salkus Mayang, berterimakasih atas bantuan yang telah dikerahkan pada korban dan melakukan langkah sigap. “Paling tidak dapat membantu meringankan warga yang mengalami musibah. Dan berharap masyarakat lain dapat melakukan hal yang sama, agar dapat meringankan warga yang terkena musibah,” tuturnya.

“Jika masih membutuhkan, maka BPBD siap memberikan bantuan selanjutnya,” tukas Lidia Elly, Kepala Seksi Logistik BPBD Kubar. #LilisSari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here