Hits: 1

Harus Lepaskan Jabatan di Organisasi Kemasyarakatan atau Paguyuban

Perwakilan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kutai Barat menandatangani Berita Acara Pelantikan, Jumat 20/10/2017 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Barat mengukuhkan 48 orang yang akan bertugas sebagai Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Jumat 20/10/2017. Mereka dilantik tadi pagi di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar. Tugas awalnya menanti, adalah pengawasan terhadap penyelenggaran Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2018.

Dalam amanat pelantikan. Ketua Panwaslu Kubar, Muhtar Kusuma Atmaja berpesan, agar anggota Panwascam melaksanakan tugas pengawasan sebaik-baiknya. Ada 4 kegiatan wajib yang harus dilakukan Panwascam, yakni Mengamati, Mengkaji, Memeriksa dan Menilai proses pelaksanaan demokrasi di Kubar.

Panwascam diingatkan untuk memegang teguh integritas dalam pengawasan. Serta menjalankan amanah konstitusi dengan baik, agar dapat melahirkan pemimpin yang baik pula. “Pelaksanaan tugas diperlukan solidaritas sebagai bentuk kekompakan dalam pengawasan. Setelah dilantik hari ini anggota Panwascam menjaga independensi pelaksanaan Pemilu dan independensi pribadi,” ujar Muhtar yang didampingi Anggota Panwaslu Kubar, Fachrujiansyah Bachsan dan Risma Dewi.

Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat, bersama Ketua Bawaslu Kaltim, dalam Pengambilan Sumpah dan Janji oleh 48 Anggota Panwascam se-Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Tidak hanya Pilgub Kaltim 2018, Panwascam juga akan bertugas mengawasi Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Oleh itu, mereka juga diminta mengaplikasikan apa yang tertuang dalam Pakta Integritas, dan Sumpah atau Janji Jabatan yang ditandatangani.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kaltim, Saiful Bahtiar, berharap meminta Panwascam harus netral di tempat tugasnya masing-masing. Bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya dan menjalin koordinasi yang baik dengan instansi terkait. “Tidak boleh ikut organisasi masyarakat termasuk paguyuban, apabila masih aktif supaya ditinggalkan,” katanya.

“Rekomendasi dari Panwaslu tidak lagi dikaji oleh KPU, melainkan langsung ditindaklanjuti apabila ada temuan pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu,” singgung Saiful Bahtiar soal pelaporan dari Panwascam.

Bupati Kubar, FX Yapan mengatakan, keberadaan Pengawas Pemilu dianggap penting. Mengingat posisi maupun perannya yang strategis dalam upaya pengawasan pelaksanaan Pemilu sesuai aturan berlaku. Para Ketua Panwascam diminta melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Bila terjadi pelanggaran administrasi, Pengawascam saya harap tidak menunda-nunda lagi segera menyampaikan hasil kajiannya. Merekomendasikan KPUD untuk mengenakan sanksi administratif kepada pelanggar,” kata Yapan yang hadir didampingi Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan.

Acara ini dihadiri juga Pasi Intel Kodim 0912/KBR Kapten Infanteri Rokim, Kabag Ren Polres Kubar Kompol Kasdi, Para Pejabat OPD Pemkab Kubar, dan sejumlah Camat. #Sonny Lee Hutagalung

1. Kecamatan Long Iram
Ari Riki Sandy
Awaluddin, SP
Eviati Sri wahyuni, S.Pd

2. Kecamatan Tering
Ari Widayanto, A.Md
Antonius Don, SE
Jeki

3. Kecamatan Linggang Bigung
Jum’an Herminto
Yosafat
Yosep Sumadi

4. Kecamatan Barong Tongkok
Donny Michael Maukar
Kamilius, S.Th
Lourensius, S.Sos

5. Kecamatan Nyuatan
Beni Yono, S.Pd
Helena, SE
Yurry Imamnuel, KA

6. Kecamatan Sekolaq Darat
Fransiskus Regi Peng
Nikolaus
Yunus Banne, ST

7. Kecamatan Melak
Bayu Anggara
Kurnain
Mohamad Slamet

8. Kecamatan Mook Manaar Bulatn
Mikael
Sugandi
Teguh Heri Mulyono

9. Kecamatan Damai
Basri Galai
Felisa Yuli Tandi, S.Pd
Lorensius Acui, S.Pd

10. Kecamatan Muara Lawa
Layau Marjuki
Rica Ariona, ST
Yehezkiel

11. Kecamatan Bentian Besar
Agus Herdianto, STTi
Jon Simamora, SH
Surya Darma, STA

12. Kecamatan Muara Pahu
Dolly Eftawanto
Eri Fandri AS
Roni Supian

13. Kecamatan Penyinggahan
Anna Karolina, S.Pd
Burhan, SE, M.Si
Fahmi Supyandi, S.Hi, S.Pdi

14. Kecamatan Siluq Ngurai
Elias Sengsara
Hendrik Risman, S.IP
Rusdi, S.Sos

15. Kecamatan Jempang
Aldisius Gonzaga Nawur
Salmah, SE
Yusran

16. Kecamatan Bongan
Mursid, AP
Widodo, S.Hi
Hamsan, S.Sos

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here