Hits: 28

Terdaftar di Dapodik dan Ijazah S1

Para guru mendapat ucapan selamat hari guru dari murid-muridnya. ARSIP/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Peluang emas bagi mereka yang telah mengabdi di dunia pendidikan untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab ada syarat khusus yang dipatok bagi mereka yang berminat menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mendapat alokasi 1.209 tenaga kependidikan atau guru.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Yakobus Yamon, ada syarat utama dalam seleksi PPPK. Salah satunya, harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ia menerangkan, jika ada nama di Dapodik, artinya sudah atau sedang bekerja sebagai guru di salah satu sekolah. “Kalau tidak ada namanya di Dapodik, jangan harap. Tidak bisa ikut seleksi PPPK” ungkapnya pada Rabu, 7 Juli 2021 di ruang kerja.

Syarat utama lainnya, peminat PPPK harus berlatarbelakang pendidikan serendah-rendahnya Strata 1. Jika hanya tamatan setingkat SMA, tidak akan bisa mendaftar sebagai Calon PPPK. Diakuinya, saat ini banyak guru berstatus honorer yang latar belakang pendidikannya belum S1.

“Kita punya banyak stok sarjana, tapi tidak mungkin main ganti. Kami arahkan agar kuliah ambil S1. Jadi nantinya, memenuhi syarat CPPPK atau CPNS kalau dibuka,” katanya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here