Hits: 0

Siswa 10 SMA dan SMP Diajari Aksi Keselamatan Transportasi Darat

Bupati Kubar, FX Yapan, Sekkab Kubar, Yacob Tullur, dan para narasumber Aksi Keselamatan Transportasi Darat 2018 yang dilaksanakan di ruang Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Senin 19/11/2018 pagi tadi, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melaksanakan Pelatihan Aksi Keselamatan Transportasi Darat 2018. Acara yang digelar di ruang Aji Tullur Jejangkat itu, diwakili oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVII Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan yang melibatkan 150 siswa dari 10 SMA, SMK dan SMP ini menghadirkan empat narasumber. Selain Kepala BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Felix Iryantomo, ada juga Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Subandriya. Kemudian Darmaningtyas selaku Pakar Pendidikan, dan Prakosa Priambodo yang adalah Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Kaltim.



Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang menjelaskan arti pentingnya keselamatan. Sehingga ia pun mengingatkan pentingnya memiliki kesadaran dan kemauan serta kemampuan mengimplementasikan peraturan. Juga pentingnya pemahaman yang baik soal keselamatan transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mahakam Ulu, Toni Imang, menerima jaket keselamatan dari Kepala BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Felix Iryantomo. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Soal transportasi dan keselamatannya, bupati mengaku membutuhkan sejumlah sarana yang dinilai penting untuk diadakan. Salah satunya adalah alat angkut berupa bis untuk anak sekolah. Yang diharap dapat meminimalisasi kecelakaan lalu lintas terhadap para siswa saat pergi dan pulang sekolah.

Hal lainnya, dibutuhkan juga bantuan untuk membangun jembatan timbang. Sebab hingga saat ini belum ada jembatan timbang untuk angkutan sejenis truk. Terakhir adalah rambu-rambu lalu lintas sungai sepanjang Sungai Mahakam yang perlu ditambah atau diadakan di titik tertentu. “Kita juga membutuhkan baju pelampung untuk masyarakat yang belum bisa berenang ketika memakai transportasi air,” ungkap FX Yapan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat, Rakhmat, menerima jaket keselamatan dari Kementerian Perhubungan RI melalui Bupati Kubar FX Yapan, yang didampingi Kepala BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Felix Iryantomo. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Saat membuka Aksi Keselamatan Transportasi Darat itu, Yapan meminta seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius. Dan menerapkan pengetahuan atau pengalamannya untuk keselamatan transportasi. “Semoga Pemerintah Pusat dapat peduli, dan mempertimbangkan serta merealisasikan bantuan yang kita harapkan,” pungkasnya.



Diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggara Aksi Keselamatan Transportasi Darat, Ilham Maulana, kegiatan ini bertujuan mengurangi laka lantas transportasi darat dan air. Dengan Tema “Taati Peraturan, Sayangi Nyawa” dilaksanakan di empat kabupaten dan kota. Yakni, di Kota Samarinda pada 8 November 2018 lalu, dan hari ini di Kabupaten Kutai Barat. Pada 2 Desember 2018 nanti akan diadakan di Kota Tarakan dan di Kota Balikpapan pada 9 Desember 2018.

Acara ini dihadiri juga Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur, Kepala Dinas Perhubungan Kubar, Rakhmat, dan sejumlah kepala organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar. Di sela acara ditampilkan Tari Pesta Panen yang dibawakan lima siswi SMK Negeri 1 Sendawar. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here