Hendrik Bungas: “Tidak ada niat menggulingkan mereka”

Tiga kader Partai Hanura yang duduk di DPRD Kubar -H Aula, Yono Rustanto Gamas dan Yelmianus Handian- berada di barisan pendukung pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan. ISTIMEWA/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Situasi politik menjelang Pilkada Kabupaten Kutai Barat makin ramai diperbincangkan. Prediksi atau hitung-hitungan peluang para kandidat menduduki posisi teratas di Tanaa Purai Ngeriman menjadi pembahasan menarik. Pentolan, kader maupun simpatisan partai politik pun mulai tampak berani menunjukkan sikapnya. Rumor negatif pun bermunculan di tubuh parpol, dan tim pemenangan para pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar.



Partai Hati Nurani Rakyat yang menempati posisi kedua perolehan suara pada Pemilu tahun 2019 di Kubar, bak gadis cantik. Sebab tiga kursi yang dimiliki di DPRD Kubar membuat tinggi posisi tawar bagi para bakal kandidat. “Kami terpecah tiga. Ada yang ke Pak Acong (pasangan H Ahmad Syaiful-Asrani), ada ke petahana (FX Yapan-H Edyanto Arkan), dan saya mendukung Pak Martinus (Martinus Herman Kenton-Abdul Azizs),” ungkap Ketua DPC Partai Hanura Kubar, Hendrik Bungas Nipon.
“Saya mendukung Martinus Kenton karena dia adalah kader. Aspirasi ini yang harus didengar DPP. Tapi semua harus turut arahan DPP nanti,” tegasnya menjelaskan alasan mendukung pasangan dari jalur perseorangan atau independen itu.
Disinggung adanya rumor akan ada Pergantian Antar Waktu atas tiga kader yang saat ini duduk di DPRD Kubar, Hendrik Bungas spontan membantah. Meski saat ini ketiga politisi Partai Hanura -H Aula, Yono Rustanto Gamas dan Yelmianus Handian- ada di kelompok berseberangan dengannya. Yakni di kubu pasangan Yapan-Edyanto Arkan (Yakan).
Hendrik Bungas (berkemeja Partai Hanura), saat menghadiri pelantikan 25 Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat pada Selasa, 13 Agustus 2019. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Tidak benar ada isu saya siapkan PAW. Biarpun rekomendasi dari DPP Partai Hanura turun ke Acong atau Martinus, saya tidak lantas menjatuhkan sanksi. Ada mekanisme,” tegasnya kepada KabarKubar melalui sambungan telepon.
Hendrik Bungas menjelaskan, ia menempati urutan ketiga dalam perolehan suara partainya di Daerah Pemilihan Kutai Barat 1. Jika pun ada hal yang membuat partai memproses PAW, maka ada kader lain yang berhak karena di urutan atas. “Tidak ada niat menggulingkan mereka, karena partai ini ada mekanisme. Kecuali mereka yang mengundurkan diri, apa boleh buat.
Ketua DPC Partai Hanura Kubar, Hendrik Bungas Nipon, mendampingi pasangan Martinus Herman Kenton-H Abdul Azizs saat mendaftar ke KPU Kubar dari jalur perseorangan atau independen. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Jika DPP yang mendapatkan temuan semisal ketiga politisi itu berkampanye untuk kandidat yang tidak didukung Partai Hanura, ia mengakui tidak dapat mengelak. Namun partainya mempunyai mahkamah partai untuk mempertimbangkan. “Jadi tidak serta merta mendengar laporan pengurus. Ada garis komando harus saya ikuti,” jelas Hendrik Bungas yang pernah menjadi Anggota DPRD Kubar di periode 2009-2014.
Ia menambahkan, selama ini tidak ada masalah dengan FX Yapan secara pribadi atau kelembagaan. Tapi Hendrik Bungas meyakini, Yapan sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar akan mengutamakan kader PDI Perjuangan. Hal itu sudah disampaikannya ke DPP Partai Hanura, jika Yapan pasti otomatis perjuangkan partainya. “Tidak ada cerita berjuang untuk koalisi, dan tidak mungkin membesarkan Partai Hanura,” tegasnya.
“Mengapa saya siapkan melalui independen, karena Hanura hanya punya 3 kursi. Meski Partai Hanura keluarkan rekomendasi buat Martinus, tapi tetap saja tidak memenuhi syarat. Makanya berjuang lewat independen, berjaga-jaga jika tidak cukup partai,” kata Hendrik Bungas atas alasannya mendukung pasangan Martinus Kenton dan Abdul Azizs.



Terpisah, H Aula yang kini menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kubar, mengaku tetap akan mengikuti arahan partainya. Terlebih sebagai Bendahara DPC Partai Hanura Kubar, akan tunduk kepada rekomendasi yang akan diterbitkan DPP Partai Hanura. “Saya siap ikut arahan dari pusat,” jelasnya kepada KabarKubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here