Akpol 2000 Jadi Kapolres Mahakam Ulu, 20 Perwira Isi Jabatan Utama

0
28

Mapolres Mahulu Akan Dibangun Di Atas Lahan Seluas 7 Hektare

Kapolda Kaltim, Irjen Polisi Imam Sugianto melantik Kapolres Mahakam Ulu, AKBP Anthony Rybok pada Rabu, 4 Januari 2023 di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun. ANTHONY TOBING/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM

Setelah 10 tahun Kabupaten Mahakam Ulu terbentuk sebagai daerah otonomi baru, Kepolisian Resor Mahakam Ulu akhirnya dibentuk. Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP Anthony Agus Rybok mendapat promosi sebagai perwira menengah yang pertama menjadi komandan.

Pria yang 23 tahun malang melintang di Pulau Kalimantan ini terakhir menjabat Kepala Sub Direktorat IV Direktorat Intelijen dan Keamanan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur. Pada Rabu, 4 Januari 2023, ia resmi menjabat Kapolres Mahulu setelah dilantik oleh Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto.

Anthony Rybok menduduki jabatannya setelah terbitnya Surat Telegram Rahasia atau TR Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Total 704 personel dari perwira tinggi, perwira menengah dan perwira pertama yang dirotasi dengan empat TR. Sebanyak 146 diantaranya adalah rotasi kapolres.

Yakni Nomor: ST/2774/XII/KEP./2022 sebanyak 21 personel, Nomor: ST/2775/XII/KEP./2022 sebanyak 162 personel, Nomor: ST/2776/XII/KEP./2022 sebanyak 374 personel dan Nomor: ST/2777/XII/KEP./2022 sebanyak 147 personel. TR tersebut tertanggal 23 Desember 2022.

Kapolda Kaltim mengatakan mutasi di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah salah satu implementasi program prioritas Kapolri. Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia Polri yang unggul melalui pembinaan karir personel. Sebagai suatu bentuk upaya regenerasi maupun kaderisasi personel Polri pada level pimpinan.

Menurutnya, jabatan merupakan amanah sekaligus kepercayaan dari pimpinan yang didasarkan pada penilaian prestasi tugas dan telah melalui prosedur serta mekanisme yang ada. Dalam mengemban suatu jabatan, tentunya harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena di dalamnya mengandung konsekuensi, di mana saat ini kita dilantik, besok kita harus siap jika dilakukan pergantian,” katanya dalam sambutan di acara yang digelar di Lamin Adat Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Mahulu.

Pelantikan Kapolres Mahulu tersebut menjadi penanda resmi berdirinya Polres Mahulu di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. “Alhamdullilah, hari ini sudah kita resmikan beroperasinya Polres Mahakam Ulu,” imbuh Irjen Imam Sugianto.

Penelusuran KabarKubar, Anthony Rybok tercatat sebagai salah satu dari 358 orang anggota Batalyon Sanika Satyawada Akademi Kepolisian lulusan tahun 2000. Ada beberapa rekan satu angkatan atau letting dia yang pernah dan sedang bertugas di jajaran Polda Kaltim.

Salah satunya adalah Komisaris Besar Ary Fadli yang kini menjabat Kapolres Kota Samarinda, dan pernah menduduki kursi Kasat Reskrim Polres Kubar pada periode tahun 2005-2007. Kombes Ade Permana yang pekan lalu dilantik sebagai Kapolres Kota Gorontalo, pernah menjabat Wakil Kapolres Kubar.

Ada juga AKBP Hanifa Martunas Siringoringo yang terakhir menjabat Kapolres Bontang, pernah menjadi Kasat Reskrim Polres Kubar di periode 2007-2008. AKBP Roy Satya Putra yang kini dipercayakan jabatan di Polda Kaltim, pernah menjadi Kapolres Kubar pada periode 2019-2020.

Satu lagi yang pernah menjabat Kapolres Kubar dari Akpol 2000 adalah AKBP Sonny Henrico Parulian Sirait yang hanya sekitar delapan bulan bertugas di Tanaa Purai Ngeriman.

Usai dilantik, Anthony Rybok pun melantik 21 orang untuk mengisi jabatan utama di Polres Mahulu pada Kamis, 5 Januari 2023. Mereka adalah:

  1. Kompol I Made Pasek Riawan, SH sebagai Waka Polres Mahulu.
  2. AKP Hartono, SH sebagai Kabag Ops Polres Mahulu.
  3. AKP Hartono, SH sebagai Kabag SDM Polres Mahulu.
  4. AKP Purwanto sebagai Kabag Log Polres Mahulu
  5. Ipda Andi Fitriyadi, SH sebagai Kapolsek Long Bagun.
  6. AKP Heru Santoso, SH sebagai Kabagren Polres Mahulu.
  7. Ipda Roben Thomas sebagai Kapolsek Long Hubung.
  8. Iptu Hadi Winarno, S.Sos sebagai Kasat Reskrim Polres Mahulu.
  9. Iptu Aluwih sebagai Kasat Resnarkoba Polres Mahulu.
  10. Iptu Marten Luter, SH sebagai Kasat Intelkam Polres Mahulu.
  11. Ipda Budi Santoso, SH sebagai Kasat lantas Polres Mahulu.
  12. Iptu Nurhidayat, SH sebagai Kasat samapta Polres Mahulu.
  13. Iptu Ciptoro Sono sebagai Kasat Binmas Polres Mahulu.
  14. Iptu Lapalengo sebagai Kapolsek Long Pahangai.
  15. Iptu Ruwadiantono sebagai Kasubbagfaskon Baglog Polres Mahulu.
  16. Ipda S Juan Higang, SH sebagai Kapolsek Long Apari.
  17. Ipda Budi Santoso sebagai Kasiwas Polres Mahulu.
  18. Ipda Kristianus sebagai Kasubbagbinkar Bag SDM Polres Mahulu.
  19. Ipda Sutiyono sebagai Kasubbagbekpal Baglog Polres Mahulu.
  20. Ipda Agus Sasmiko sebagai Pama Polres Mahulu.
  21. Bripka Saipullah ditunjuk sebagai Bensatker.
Pejabat Utama Polres Mahakam Ulu bersama Wakil Bupati Mahakam Ulu, Yohanes Avun. ANTHONY TOBING/KABARKUBAR.COM

Anthony Rybok mengatakan, mutasi dan rotasi jabatan merupakan hal yang biasa terjadi untuk penyegaran di tubuh kepolisian. Dia meminta agar seluruh personel menjalin kerja sama dan melakukan kolaborasi yang baik antar instansi.

“Saya mengingatkan, kepada para pejabat yang telah dilantik untuk senantiasa menjalin kerja sama dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dengan instansi eksternal maupun internal Polri,” ujarnya pria yang pernah menjabat Waka Polres Barito Selatan pada tahun 2016 dan Kepala Bagian Sumber Daya Polres Barito Utara pada saat berpangkat Komisaris Polisi di tahun 2011.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, menyambut positif berdiri Polres Mahulu. Ia berharap Polres Mahakam ulu bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dalam mendukung pembangunan daerah.

Sementara ini Polres Mahulu bermarkas menggunakan gedung bekas Rumah Sakit Mahulu yang sedang direnovasi. Direncanakan, pembangunan Markas Polres Mahulu di atas lahan berukuran 500 x 140 meter atau 7 hektare akan rampung pada tahun 2024. #Anthony Tobing

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here