Hits: 1

Arkan: “Walaupun 2015 kami kalah di kampung ini, tapi tetap perhatikan pembangunannya”

H Edyanto Arkan bersama warga Kampung Long Iram Seberang usai Kampanye Dialogis pada Sabtu, 7 November 2020. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG IRAM – KABARKUBAR.COM
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat, FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan) dinilai terbaik untuk melanjutkan pemerintahan di Kabupaten Kutai Barat. Sebab selama keduanya memimpin Kubar sejak tahun 2016, diakui telah membuat kemajuan. Hal itu juga diakui masyarakat Kampung Long Iram Seberang, Kecamatan Long Iram.

“Kepemimpinan beliau berdua bagus. Tidak ada calon lain yang bisa saingi,” kata Wahyuni, Tokoh Masyarakat Kampung Long Iram Seberang, Kecamatan Long Iram saat Kampanye Dialogis pada Sabtu, 7 November 2020.

Menurut pria yang juga Ketua Ranting Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, Yakan telah membuat banyak kemajuan di kampung yang berpenduduk lebih dari 700 jiwa itu. “Yang sangat kami rasakan adalah masuknya listrik PLN, dan langsung menyala 24 jam,” tambahnya.

Komitmen warga untuk beralih mendukung Yakan yang pada Pilkada Kubar 2015 kalajh di kampung tersebut. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Pengakuan yang sama diungkapkan Hj Siah. Ibu paruh baya ini menyebut, kampung mereka baru merasakan terang benderang tanpa biaya tinggi di era kepemimpinan Yapan dan Arkan. “Dulu bisa harus keluar uang jutaan untuk listrik saja. Itu juga hanya untuk menyalakan listrik dua sampai empat jam waktu malam. Sekarang bisa seharian pakai listrik, bayarnya paling Rp300 ribu sebulan,” ujarnya.

“Saya cuma bayar Rp67 ribu sebulan, karena ada subsidi. Padahal sudah ada kulkas, hidupkan alkon (mesin penyedot air), tivi, dan rice cooker (pemasak nasi). Sudahlah, tidak mungkin kami pilih yang lain dari Yakan,” ucap Titik Toya, diiyakan lima ibu lain yang berkumpul menunggu kehadiran Edyanto Arkan.

Warga Long Iram Seberang duduk berkelompok dan menyimak orasi politik yang disampaikan H Edyanto Arkan dan lima juru kampanye dari lintas partai politik. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Selaku Tokoh Masyarakat Long Iram Seberang, H Alwi juga tidak bisa memungkiri keberpihakannya kepada Yakan. Tidak hanya soal listrik, ia mengungkapkan banyak hal yang telah dilakukan Yapan dan Arkan di kampung itu.

“Banyak bantuan pemerintah kami terima disini. Bidang pendidikan, keagamaan, infrastruktur jalan, dan banyak lagi. Kalau 2015 beliau berdua kalah disini, tanggal 9 Desember kami pastikan Yakan menang di Long Iram Seberang ini,” tegasnya.



Astaman yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2014-2019, juga mengakui kinerja Yapan dan Arkan selama memerintah Kubar. “Pemimpin Kubar akan kita lanjutkan tetap Yakan. Ini kandidat yang benar-benar berkualitas. Saya harap kita bisa menangkan pasangan nomor urut 2, Yakan,” kata dia yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang PDI Perjuangan Kecamatan Long Iram.

Dalam orasinya, Edyanto Arkan menegaskan visi yang telah dan akan dilanjutkan bersama FX Yapan di periode 2021-2024. Yakni, ‘Membangun Kutai Barat Yang Berkeadilan’. Hadir sebagai pejabat birokrasi di masa pemerintahan Rama Alexander Asia dan Ismail Thomas sebagai Bupati Kubar, membuatnya paham persoalan di Tanaa Purai Ngeriman. Itu modal untuk membangun Kubar lebih baik daripada hari ini.

Ibu-ibu yang mengikuti Kampanye Dialogis dengan berkelompok terpisah, ikut menunjukkan komitmen dengan salam dua jarinya. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Walaupun 2015 kami kalah di kampung ini, tapi tetap perhatikan pembangunannya. Di Long Iram ini kami kalah, tapi tidak kami tinggalkan,” ungkapnya di hadapan puluhan warga yang hadir berkelompok terpisah karena menghindari terik matahari.

Mantan Asisten II dan Asisten I Sekretariat Kabupaten Kutai Barat ini mengatakan, Yakan kalah tipis di Kecamatan Penyinggahan pada Pilkada Kubar tahun 2015. Namun di Kecamatan Muara Pahu menang. Saat ini, dua kecamatan itu dan Long Iram telah menikmati listrik PLN selama 24 jam. “Ini bentuk perhatian yang tidak membedakan mana yang menang dan kalah,” katanya.

H Edyanto Arkan berdiskusi dengan beberapa tokoh masyarakat Long Iram Seberang seusai Kampanye Dialogis di teras rumah H Alwi. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Arkan mengisahkan perjuangan untuk membuat terang benderang sejumlah daerah di Kubar. Berkali-kali harus mendatangi Manajemen PLN di Balikpapan dan Samarinda. Hingga mengundang Manajer PLN ke Pabrik PLN Ranting Melak untuk melihat kondisi mesin pembangkit listrik yang rusak.

“Tahun 2017 datang, dan akhirnya ditambah 12 unit mesin baru. Mesin lama mau dibawa ke Berau, tapi kami minta dipindahkan ke daerah lain di Kubar. Makanya beberapa kecamatan sudah bisa menyala 24 jam listriknya,” katanya.

“Saya ingin di Long Iram Seberang ini, Yakan menang. Harapan saya, jangan lupa tanggal 9 Desember nanti pilih nomor urut 2,” pesan Arkan.

Masyarakat Kampung Long Iram Seberang diharapkan memberikan dukungan kepada FX Yapan dan H Edyanto Arkan sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2021-2024. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Sebagai Juru Kampanye, Elvin Eriadam mengingatkan para pendukung Yakan agar nanti menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara. Sehingga keadilan yang diharapkan masyarakat semakin tampak dalam pembangunan kampung-kampung.

“Tanggal 9 Desember nanti jangan buang waktu. Jika mendukung Yakan, jangan sampai tidak gunakan hak pilih. Jika sudah nikmati air bersih, listrik, sinyal, perlu adil ke daerah lain yang belum merasakan kenyamanan itu,” ujar Sekretaris DPD Partai Nasdem Kubar ini.



Yalen yang adalah Sekretaris DPD Partai Persatuan Indonesia Kubar, meyakini warga Long Iram Seberang sudah tahu siapa kandidat yang patut didukung. Situasi atau kondisi di kampung telah menunjukkan pembangunan yang dilakukan pada era pemerintahan Yakan. “Yang lain baru rencana, angan-angan. Kalau yang ini (Yakan) sudah nyata, dan terbukti kinerjanya,” katanya.

Kampanye Dialogis ini juga dihadiri Yansel, Politisi Partai Demokrat yang duduk di DPRD Kubar untuk ketiga kalinya sejak tahun 2009. Ada juga Wakil Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat Kubar, Umar dan Bendahara DPD Partai Perindo Kubar, Suwanto. Serta Politisi Partai Amanat Nasional, H Eddy Mulyadi, dan Ketua PAC Partai Kebangkitan Bangsa Kecamatan Long Iram, Ahmad Jayadi. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here