Hits: 0

SMPN 1 Sendawar Sudah Tampung 251 Siswa Baru

Duduk melantai, 251 siswa baru di SMP Negeri 1 Sendawar, mendengarkan arahan pada apel, sebelum memulai Masa Orientasi Sekolah di hari kedua, Selasa 18/7/2017.  ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

MELAK-KABARKUBAR.COM
Hari kedua masuk tahun ajaran baru, SMP Negeri 1 Sendawar masih memberi kesempatan kepada 7 calon siswa yang belum mendaftar ulang. Mereka diberikan dispensasi, karena diketahui berasal dari daerah yang cukup jauh dari sekolah beralamat di Jalan Gunung Aji RT 8 Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak ini.

Wakil Kepala SMPN 1 Sendawar, Hj Hayani mengatakan, sekolah memberi keringanan untuk para calon siswa yang belum mendaftar ulang. Dari data bagian Tata Usaha SMPN 1 Sendawar, siswa yang sudah mendaftar ulang sebanyak 251 orang. Dan 7 orang belum mendaftar kembali, terdiri dari 3 perempuan dan 4 laki-laki. Sekolah bisa memaklumi, yang belum mendaftar ulang itu tinggal jauh di pedalaman. “Pentingnya pendidikan, makanya kami kasih keringanan. Masih ditunggu daftar ulang, pokoknya akhir bulan ini batasnya,” ujarnya, Selasa 18/7/2017 di ruang guru.



Soal pungutan di sekolah, kata Hayani, tidak ada lagi yang namanya uang partisipasi. Tapi fokus untuk mendidik saja. Sehingga tidak terlalu membebani orang tua atau wali murid. “Kalau dulu uang partisipasi memang ada, dan digunakan untuk meningkatkan pendukung kegiatan belajar mengajar. Seperti membangun WC (kamar kecil), perbaikan lahan parkir, dan masih banyak lagi,” katanya.

Wakil Kepala SMPN 1 Sendawar, Hj Hayani. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan juga, pihak sekolah tidak pernah memaksa atau meminta para orangtua atau wali murid harus membeli seragam baru yang disediakan sekolah. Jika ada siswa memiliki saudara yang dulu pernah sekolah di sekolah ini, dan memiliki seragam yang masih bagus, boleh dipinjam pakai. “Jadi tidak perlu beli baru lagi. Karena seragan yang disediakan sekolah hanya untuk memudahkan orangtua murid saja, bukan untuk membebani,” tambah Hayani.

Antusias terlihat dari para siswa yang sedang mengikuti kegiatan MOS. “Saya sudah tidak sabar untuk mulai belajar, karena saya pengen cepat-cepat pakai seragam SMP. Siapa tahu saya bisa saingan sama kawan-kawan, mana tahu saya jadi juara kelas di sini,” ujar Ferry, lulusan SDN 03 Melak Ulu.

Penulis: Andry Anhar
Editor: Sonny Lee Hutagalung



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here