Kodim Perkuat Personil di Wilayah Banyak Gereja dan Dishub Siapkan Kapal Cadangan

Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra menyampaikan amanat pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Mahakam 2019 pada Kamis, 19 Desember 2019. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Sebanyak 800 personel gabungan ditugaskan untuk membantu pengamanan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Mahakam Tahun 2019. Mereka diturunkan agar masyarakat merasa lebih nyaman dalam merayakan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru tahun 2020. Personel didominasi dari Kepolisian Resor Kutai Barat, dan Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat.

Seluruh personel tersebut akan menempati 5 Pos Pengamanan, 4 Pos Pelayanan, 1 Pos Terpadu dan ratusan gereja di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. Rinciannya, sebanyak 250 personel dari Polres Kubar, 350 TNI dari Kodim 0912/KBR, dan 36 personel Dinas Perhubungan Kubar. Sisanya anggota Perlindungan Masyarakat, dan personel Satuan Polisi Pamong Praja dari Kubar serta Mahulu.



“Untuk di pos kita tempatkan 96 personel, dan sisanya pengamanan di gereja yang sudah berjalan sejak 1 Desember 2019 ini,” ungkap Kepala Polres Kubar, AKBP Roy Satya Putra saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019 di Mapolres Kubar pada Kamis, 19 Desember 2019 pagi.

Menurut Kapolres, kesiapan personel maupun sarana dan prasarana telah diperiksa kesiapannya. Soal pengamanan, siap mengantisipasi kemacetan pada arus mudik dan arus balik yang akan keluar masuk di Kubar dan Mahulu. Termasuk peredaran narkoba, serta tindak pidana pencurian pemberatan maupun pencurian dengan kekerasan saat Natal dan Tahun Baru.

Salah seorang personel dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat disematkan tanda anggota Pengamanan Operasi Lilin Mahakam 2019 oleh Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Termasuk objek wisata kita amankan, karena banyak yang akan liburan. Saat ini masih memaksimalkan anggota Polres,” jelas Roy Satya Putra yang sebelumnya menjabat Kapolres Paser.

Ia mengimbau selama Operasi Lilin Mahakam 2019, agar masyarakat tetap jaga keamanan dan ketertiban. Namun harus mengutamakan keselamatan saat bepergian mudik atau keluar kota. “Yang tinggalkan rumah agar betul-betul mengunci rumahnya sehingga tidak jadi sasaran pelaku tindak pidana curat atau curas,” pungkas mantan Kasat Reskrim Polres Kota Banjarmasin dan Kepala Sub Direktorat Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan ini.

Momen yang sama, Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendy mengatakan, ada 350 personel dilibatkan. Tidak hanya Prajurit TNI di Makodim, tapi juga seluruh yang bertugas di Komando Rayon Militer. Selama Natal dan Tahun Baru bergabung dalam Pasukan Operasi Lilin 2019. “Untuk penambahan personel, nanti kita lihat Koramil mana memiliki urgensi terkait jumlah gereja. Bila tidak memenuhi, akan ditambah dari Makodim,” ujarnya.



Sementara Kepala Dishub Kubar, Rakhmat menjelaskan, saat ini arus mudik dan keluar Kubar masih normal. “Biasanya di H-3 itu baru ada perubahan. H-5 biasa ada pergerakan, tadi malam sudah mulai ramai di jalur sungai dan darat belum siginifikan. Biasanya kita siapkan khusus di sungai untuk cadangan jika overload (kelebihan muatan) kapal,” katanya.

Untuk jalur udara, menurut dia, tidak ada hal baru. Sebab bandara yang hanya satu, Dishub mengikuti aturan normal. Soal pengawasan, yang diawasi adalah saat keberangkatan, sedangkan kedatangan diawasi oleh pihak berwenang setempat. Soal keamanan penumpang, Dishub telah mewajibkan penumpang, motoris atau awak kapal untuk mengenakan pelampung. “Jika dilepas (pelampung) di perjalanan, itu tanggung jawab masing-masing,” tegas Rakhmat. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here