Hits: 0

Dilanda Banjir, Aktivitas Warga Lumpuh

Camat Muara Pahu, Suhamdi, bersama Kapolsek Muara Pahu AKP P Hasugian, Komandan Koramil 0912-05 Muara Pahu Kapten Infanteri Sudarsono, mendatangi korban angin puting beliung. LILIS SARIKABARKUBAR.COM

MUARA PAHU – KABARKUBAR.COM
Kampung Muara Beloan di Kecamatan Muara Pahu diterpa angin puting beliung, Rabu 8/11/2017 sekira pukul 17:50 Wita. Akibatnya, 19 bangunan rusak dan juga membuat cedera warga setempat. Dari 188 Kepala Keluarga, 19 KK di antaranya jadi korban, dengan jumlah 85 jiwa yang tersebar di RT 1 hingga RT 3.

Bangunan yang rusak adalah 13 rumah warga, yakni 9 rumah rusak ringan dan 4 rusak berat. Kerusakan terjadi pada bagian tiang atau dinding dan atapnya tertiup angin. Ada rumah yang hanya tinggal 1 dinding dan ada pula memakai tali untuk menopang rumah yang peot, rumah rakit yang hampir tenggelam, tempat wudhu yang retak, dan juga ada salah seorang warga baru mendirikan rumah terpaksa harus melihat rumah yang hanya sisa tiang saja.

Kemudian 2 rumah ibadah yaitu langgar dan masjid, yang rusak di tempat wudhu dan atap. Serta 4 gudang penyimpanan peralatan para nelayan di rakit pun hilang. Tidak itu saja, salah seorang warga, Ahmad, tertimpa papan yang tertiup angin hingga cedera bagian bibir. Sebuah speedboat juga masih dicari keberadaannya masyarakat.

“Saya sampai nggak bisa tidur semalaman, gara-gara memikirkan rumah saya yang baru dibangun terkena musibah dan sampai tidak jadi pindah rumah,” ucap warga RT 3 Kampung Muara Beloan, Sarmadi, Kamis 9/11/2017, sembari membereskan puing-puing kerusakan kerangka rumah.

Diakui Kepala Kampung atau Petinggi Muara Beloan, Kani, bencana angin puting beliung ini kedua kalinya terjadi di Muara Beloan. Karena situasi, warga sementara tinggal dengan tetangga terdekat. Banjir juga membuat lumpuh aktivitas warga setempat, karena jalan darat tidak bisa dilalui. Bahkan Sekolah Dasar pun diliburkan karena banjir. “Kami sedang bergotongroyong membantu korban dengan mendirikan lagi rumah-rumah yang telah tertimpa angin,” ujarnya.

Danramil, Kapolsek dan Guru, mengunjungi para warga yang terkendala banjir di sekelilingnya. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Camat Muara Pahu, Suhamdi berharap bencana tidak akan terulang kembali. Direncanakan memberi bantuan logistik seperti selimut, alat dapur, pakaian dan BNPB akan memberikan bantuan sembako. “Semiga bencana ini tidak akan terulang kembali,” kata dia.

Suhamdi menulis catatan, akan memberikan satu perhatian khusus apabila ada kejadian-kejadian serupa seperti banjir dan angin puting beliung. Dan akan selalu memperhatikan tentang kesulitan dari masyarakat, baik itu dari segi ekonomi maupun musibah,” ucapnya.

Dalam pantauan kondisi bencara tersebut, turut hadir Camat Suhamdi, Komandan Koramil 0912-05 Kapten Infanteri Sudarsono, dan Kapolsek Muara Pahu P Hasugian dan Denny Hendrianto serta diikuti Darul Asmawan petugas sosial kecamatan/TKSM dan Darlie Kasi Tramtibum. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here