Tindak Pidana Terorisme Tetap Diwaspadai

Kepala Polres Kutai Barat, AKBP I Putu Yuni Setiawan, menyematkan tanda personel pengamanan Operasi Ketupat Mahakam 2018, Rabu 6/6/2018 di halaman Markas Polres Kubar, Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok. BRIPDA AGUS PURNOMO/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sebanyak 150 personel gabungan TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan elemen masyarakat berbaris di halaman depan Markas Kepolisian Resor Kutai Barat, Rabu 6/6/2018. Untuk mengikuti Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2018. Operasi ini salah satu operasi terpusat yang digelar serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari.

Digelar 7-24 Juni 2018, Operasi Ketupat melibatkan 173.397 personel pengamanan gabungan. “Operasi tahun ini terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai,” ungkap Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, saat membacakan amanat Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian.

Kerawanan itu, kata Putu Setiawan, adalah kerawanan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Kemudian kerawanan permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik serta dan arus balik. Ketiga adalah kerawanan bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya. Seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan tindak kriminal lainnya. Terakhir, kerawanan tindak pidana terorisme.

Kapolres Kubar, Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan dan Asisten I Setkab Kubar Misran Effendi, memeriksa barisan Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2018.  BRIPDA AGUS PURNOMO/KABARKUBAR.COM

“Guna mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus menerus meningkatkan kerja sama dengan rekan-rekan TNI serta stakeholders terkait lainya,” tegasnya. Apel dilaksanakan dengan tema ‘Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1439 H’.

Ia menjelaskan, gelar pasukan ini ditujukan mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2018.  “Semoga pengabdian yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan di bulan Ramadan dapat menjadi sebuah catatan amal.  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah bagi seluruh personel yang merayakan, mohon maaf lahir batin,” tutup Jenderal Tito Karnavian.

Pemeriksaan sarana pendukung dalam Operasi Ketupat Mahakam 2018.  BRIPDA AGUS PURNOMO/KABARKUBAR.COM

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan itu, Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Infanteri Rudi Setiawan, dan Kepala Staf Kodim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi. Dari Pemkab Kubar dihadiri Plt Asisten I Misran Effendi, Kepala Dinas Perhubungan Rakhmat, dan Kepala RSU HIS dr Bambang.

Sedangkan dari Polres Kubar tampak Wakil Kepala Polres Kubar Kompol Sukarman dan seluruh Perwira Pertama. Hadir pula Kepala Perwakilan TNI AU, Letnan Dua POM Agus Aang Khunaifi.

Dalam Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan tanda personel pengamanan yang terlibat. Yakni Sersan Dua Parman dari Kodim 0912/KBR, Brigadir Dua Ade Arianto mewakili Polres Kubar dan Ari S dari Dishub Kubar. #Bripda Agus Purnomo/Humas Polres Kutai Barat/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here