Hits: 0

Pegawai diminta untuk aktif melayani masyarakat

Dalam setiap kesempatan menjadi Pembina Apel, Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, selalu memberikan arahan terkait pelayanan masyarakat yang terbaik. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat, Yacob Tullur, mengingatkan instansi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk bekerjasama dengan baik. Serta menjauhkan ego pribadi atau kelompok kerja dalam masing-masing Organisasi Perangkat Daerah atau OPD. Demi pelayanan terbaik bagi masyarakat, dan menjalankan visi dan misi pemerintahan saat ini.
“Tidak ada OPD yang penting, tidak penting atau lebih penting. Harus sama-sama bekerja,” ujar Yacob Tullur kepada ratusan peserta Apel Pagi di halaman depan Kantor Bupati Kutai Barat pada Senin, 2 Maret 2020.
Yacob Tullur menegaskan, di mana saja seorang pegawai ditugaskan, harus bekerja dengan baik. Sebab tugas apapun jika dilakukan dengan benar dan sepenuh hati, akan menjadi pengalaman penting yang berguna dalam penugasan berikutnya. “Suatu saat kita bisa mutasi, dan apa yang kita lakukan sekarang berguna di tempat lain,” katanya.
Ia mencontohkan pengalamannya bertugas mengurus anggaran saat menjabat Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Kabupaten Kutai Barat di awal Kubar terbentuk sebagai kabupaten. Kemudian pindah tugas ke Badan Perencanaan Pembanguan Daerah, yang berkutat dengan perencanaan pembangunan.
Pernah juga menjabat Sekretaris DPRD Kubar sekitar tujuh tahun lamanya. Selanjutnya dimutasi menjadi Kepala Dinas Sosial Kubar. Ia memaknai tugas-tugas tersebut sebagai orang yang pernah mengurus anggaran, perencanaan, politisi, dan orang susah. “Makna cerita ini, kalau tidak ada dinas sosial maka tidak dibayangkan bagaimana masalah sosial ini. Sama soal persampahan, yang akan jadi masalah jika tidak ada instansi yang mengurus,” ujarnya.
Apel Senin, 2 Maret 2020 pagi di halaman Kantor Bupati Kutai Barat diikuti ratusan pegawai dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Ditambahkannya, seluruh pegawai diharap menilai penting segala urusan atau tugas yang dibebankan. Memandang penting masyarakat yang datang mengurus kepentingannya ke kantor, badan, dinas maupun instansi lainnya. “Saya tidak pernah menolak tamu, karena suatu saat akan ada perlu saya pada mereka,” tegas Yacob Tullur dalam Apel Senin itu.
Kepada KabarKubar, Yacob Tullur sebagai Sekretaris Daerah yang menjadi pimpinan tertinggi Aparatur Sipil Negara di Kubar, memberikan peringatan keras kepada para pegawai. Didasari keluhan masyarakat atas pelayanan birokrasi yang belum maksimal. Pegawai diminta untuk aktif melayani masyarakat di satuan kerja masing-masing.
“Setelah hari ini, seluruh pegawai harus menjadi Pegawai Wajib. Baik itu Pegawai Struktural, TKK (Tenaga Kerja Kontrak) atapun PTT (Pegawai Tidak Tetap). Yakni wajib datang, kerja, dan hadir melayani,” katanya di ruang kerja.
Yacob Tullur juga berharap, seluruh pegawai Pemkab Kubar dapat menjadi Pegawai Wajib, Aktif dan Tangkas. Pegawai Wajib, menurutnya adalah jika ada pegawai yang jarang aktif maka pimpinan harus mencari keberadaannya. Sedangkan Pegawai Sunah, ialah pegawai yang diberikan pekerjaan jika hadir.
Jika pegawai tidak aktif, Sekda mengingatkan bahwa pimpinan pegawai tersebut mudah untuk mencoret atau mengantinya. “Maka mari semakin berbenah menjadi pegawai yang aktif, dan bagaimana kita memahami tugas masing-masing. Kadis (kepala dinas) dan Kaban (kepala badan) harus bertindak,” ucapnya. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here