Terpilih Dari 24 Finalis

2506_Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kutai Barat 2015 (1)

BARONG TONGKOK – Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kutai Barat tahun 2015 yang dilaksanakan sejak Senin (22/6/2015) telah berakhir. Program yang diadakan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kubar itu menghasilkan 24 finalis yang terdiri dari 11 putra dan 13 putri. Arthur Renaldi terpilih sebagai Putra Duta Wisata dan predikat Putri Pariwisata diraih Yulius Erny Bungan Margaret.

Dari hasil penilaian tim penilai sejak tes administrasi dan wawancara, menghasilkan 13 pemenang. Yakni, Arthur Renaldi (Putra Duta Wisata), Kory Aprilia (Putri Duta Wisata), Sisco (Wakil 1 Putra Duta Wisata), Resti Fauzia Putri (Wakil 1 Putri Duta Wisata), Dedi Setiady (Wakil 2 Putra Duta Wisata) dan Lidia Cristy Situmeang (Wakil 2 Putri Duta Wisata).

Di Kategori The Best, ada nama Siswoyo (Duta Wisata Intelejensia), Antonius (Duta Wisata persahabatan), Erika Verlinda (Duta Wisata Favorit), Vina Septika Embang (Duta Wisata Berpenampilan Baik) dan Ade Setianto (Duta Wisata Best Presentation). Sedangkan Predikat Putri Pariwisata Kubar tahun 2015 diraih Yulius Erny Bungan Margaret (Putri Pariwisata) dan Siti Regina Mahar Dika (Wakil 1 Putri Pariwisata).

2506_Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kutai Barat 2015 (2)

Kepala Disparpora Kubar Marthinus J, berharap Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kubar tahun
2015 ini menjadi insvirator dan motivator bagi generasi muda. Agar berperan di tengah masyarakat sebagai pelopor kemajuan dan promosi pariwisata daerah. Sehingga mampu membantu Pemkab Kubar mensosialisasikan kebersihan, keindahan, keasrian, keamanan dan ketenteraman lingkungan.

Dia juga menyebut Duta Wisata dan Putri Pariwisata sebagai penunjang promosi wisata daerah, perlu diwujudkan dalam kerja nyata untuk kemajuan pariwisata di daerah. “Pemuda dapat mengembangkan potensi bakat dan minat, khususnya dalam melestarikan budaya daerah. Duta Wisata dan Putri Wisata yang terpilih akan mewakili ke tingkat provinsi dan Nasional,” ujar Marthinus.

Pemilihan kali ini, kata Marthinus, yang ke enam kali dengan penjaringan ke sekolah se-Kubar. Mereka yang menjadi finalis kemudian dibekali sejumlah ilmu. Antara lain kehumasan, etika kepribadian, pariwisata, pembangunan dan kemampuan bahasa asing, serta bahaya narkoba.

Pemkab Kubar sendiri sangat mendukung ajang tersebut, karena Kubar kaya akan seni budaya yang perlu dipromosikan hingga ke tingkat internasional. “Suatu kehormatan mengemban tugas membawa nama daerah. Memikul tanggung jawab mempopulerkan potensi wisata Kubar,” kata Bupati Kubar Ismail Thomas, saat Grand Final di Gedung Kesenian Kantor Disparpora, Kamis (25/6/2015).

Thomas berharap Duta Wisata dan Putri Pariwisata dapat mempromosikan seni dan budaya yang dimiliki Kubar secara luas. “Majunya bidang pariwisata, diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat serta menambah Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya.    #M Imran

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here