Hits: 7

Diusulkan Pembangunan BPP Mook Manaar Bulatn

Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, menyerahkan bantuan pupuk hayati cair kepada petani di Kecamatan Penyinggahan. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

PENYINGGAHAN – KABARKUBAR.COM

Penyerahan bantuan pupuk hayati cair di Kecamatan Mook Manaar Bulatn atau MMB, Muara Pahu dan Penyinggahan tidak disia-siakan para petani. Mereka mengusulkan sejumlah hal yang dianggap dapat menunjang pertanian yang dikelola. Para Penyuluh Pertanian Lapangan atau PPL juga ikut menyampaikan unek-unek atau usulannya.

Kepada Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Ekti Imanuel, mereka menyampaikan aspirasinya dalam pertemuan pada Senin, 27 September 2021. Dalam momen penyerahan secara simbolis bantuan pupuk cair di tiga Kantor Balai Penyuluhan Pertanian.

Ketua Kelompok Tani  atau Pokta Karya Usaha Tani, Jamhuri, mengungkapkan gagal panen komoditi cabai dan jagung milik kelompoknya. Hal itu diakuinya akibat banjir. Sebab letak Kecamatan Penyinggahan yang berada di pesisir Sungai Mahakam, kerap dilanda banjir.

Menurutnya, petani dan nelayan membutuhkan perahu bermesin untuk sarana transportasi. “Kami usul pengadaan ces (perahu bermesin),” kata ketua poktan di Kecamatan Penyinggahan itu, seraya menanyakan masa kadaluarsa pupuk cair yang diterima.

“Akan saya diskusikan dengan dinas pertanian terkait nomenklaturnya. Secara aturan boleh, dan tugas saya mendapatkan anggaran di provinsi. Nantinya dalam pengadaan kita berkoordinasi dengan dinas pertanian,” kata Ekti Imanuel menanggapi usulan pengadaan ces dan benih tanaman.

Sementara itu, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Salasiah, mengusulkan pembangunan Kantor BPP yang saat ini masih menyewa. “PPL kami juga minta agar ada motor operasional untuk memudahkan mereka ke lapangan,” katanya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here