Hits: 0

KPR Yang Disokong BUMN Jamkrindo dan BTN

 

Perumahan Wiltelteram yang akan dibangun sebanyak 213 unit rumah sederhana di lahan seluas 3,8 hektar di RT 2 Kampung Belempung Ulaq Kecamatan Barong Tongkok.

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Perusahaan Daerah Witelteram segera memulai pembangunan perumahan di wilayah RT 2 Kampung Belempung Ulaq, Kecamatan Barong Tongkok. Sebanyak 213 unit rumah sederhana dengan type 36, akan dibangun di lahan seluas 38.362 meter persegi. Dengan pola Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, perumahan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Kubar yang berpenghasilan di bawah Rp 4,5 juta.

“Ini sesuai Program Presiden Joko Widodo, yaitu Program Sejuta Rumah Murah. Ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ungkap Syachran Eric Lenyoq, Direktur Utama Perusda Wiltelteram, Rabu 13/7/2017 di ruang kerja.

Eric menjelaskan, setiap kavling atau lahan berukuran 120 meter persegi itu akan dibangun rumah dengan dua kamar tidur, 1 dapur dan 1 ruang tamu. Dilengkapi kamar mandi dan toilet, juga garasi untuk kendaraan roda dua dan tiga. Sedangkan struktur bangunan akan memakai batu gunung sebagai pondasi, dinding dari batako dan berlantai keramik ukuran 40×40 centimeter. Pintu, rangka atap dan kusen terbuat dari kayu. Sedangkan material atap berbahan seng.


Perumahan akan dipasarkan dengan harga Rp 133 juta per unit. Kreditnya hingga 15 tahun, dan akan dijamin Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Pembiayaan juga disokong langsung oleh Bank Tabungan Negara (BTN) Perwakilan Kaltim. “Witelteram adalah perusahaan yang sahamnya 100 persen dimiliki Pemkab Kubar, jadi bisa dipercaya oleh masyarakat, karena jaminannya adalah pemerintah daerah,” papar Eric, menambahkankan PT Bintaq Jaya Pertama akan menjadi pihak Pengembang atau Developers pembangunan perumahan Witelteram. Sebanyak 70 persen saham PT BJP sendiri dimiliki Perusda Witelteram.

Ditanya fasilitas pendukung lainnya, Eric mengakui akan segera dibangun Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Pengajaran, yang sedang diusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Juga Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan empat jurusan, yakni Pengajaran, Pembangunan, Kesehatan dan Pariwisata. Kehadiran kampus dan sekolah yang akan dibangun Yayasan Universitas Sendawar itu akan membuat kawasan tersebut bertambah ramai. Sebab sebelumnya telah berdiri Gedung Pusat Kekristenan atau Christian Center yang berjarak hanya ratusan meter dari lahan Perumahan Witelteram.

“Akan dibangun juga jalan tembus dari Jalan Poros Belempung-Melak menuju Perkantoran Bupati Kubar. Jadi di lokasi itu akan sangat ramai, karena juga dekat ke Katolik Center. Dan hanya sekitar 5 menit perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar,” jelas Eric yang pernah duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2004-2009.    Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here