Hits: 4

Bentuk Tim 11 Untuk Relawan

Sejumlah tokoh partai politik juga hadir dalam Syukuran Sekretariat Tim Sahabat Yakan yang dibanjiri massa pada Kamis, 13 Pebruari 2020 malam tadi. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan (Yakan) tampaknya menjadi pilihan utama untuk memimpin Kabupaten Kutai Barat di periode tahun 2021-2024 nanti. Hal itu terlihat dari tingginya animo masyarakat menghadiri Syukuran Sekretariat Tim Sahabat Yakan pada Kamis, 13 Pebruari 2020 malam tadi. Ribuan massa memadati gedung di Jalan Naras Gunaq, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok itu hingga tumpah ruah ke dan tepi jalan.
“Baru syukuran sekretariat saja sudah seramai ini, apalagi nanti acara kampanye. Maka tidak bohong kata teman-teman kita di kampung-kampung, menang Yakan lagi ini,” kata Anton, warga Kampung Ongko Asa, yang terpaksa hanya berdiri di pinggir jalan karena semua kursi tersedia telah terisi.



Kedua pasangan sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat ini menyatakan kembali maju di Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Kubar tahun 2020. Dengan komitmen untuk tetap menjalankan visi dan misi yang telah disusun sebelumnya.
“Kami akan melanjutkan pembangunan Kubar dalam Yakan Jilid II dengan semboyan ‘Merata dan Semakin Sejahtera’,” ujar FX Yapan saat membuka acara yang sekaligus juga dilakukan persiapan Pembentukan Tim Yakan di Pilkada 2020.
Guna memuluskan langkah Yakan, telah dibentuk Tim 11 yang bertugas  memanajerial, menyeleksi tim-tim di kampung dan kecamatan. Juga memfasilitasi pelantikan Tim Perseorangan yang dinamai Sahabat Yakan. Disamping itu ada juga Tim Sukses Koalisi, yang terdiri dari pengurus, pendukung dan simpatisan koalis partai pendukung.
FX Yapan menyatakan tekad untuk menyelesaikan visi dan misi yang telah dirancang dengan semboyan ‘Merata dan Semakin Sejahtera’. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Mereka yang masuk di Tim 11 adalah;

  1. AKP (Purn) Lorensius B
  2. H Mulyadi Effendi
  3. Pdt. Effendy Walangitan
  4. Stepanus Singkar
  5. HM Basri
  6. Umar
  7. Delusius Paulus
  8. Briel Abraham
  9. Ronni Patinasrani
  10. Rul Riska Risandi
  11. Stepanus Ujung

Sebagai Pembawa Acara, Stepanus Ujung mengatakan, dalam memilih pemimpin haruslah memiliki kriteria yang mumpuni. Yakni, berpengalaman, punya kapasitas dan kemampuan dengan sumber daya manusia sebagai tolak ukurnya. Kemudian memiliki elektabilitas, punya jiwa leadership atau kepemimpinan dan mampu menjaga keberagaman. Terakhir, memiliki segudang prestasi. “Menjadi bupati juga harus didukung penuh oleh DPRD untuk menjaga keberlangsungan dan jalannya  pembangunan,” katanya.

Ribuan massa memadati acara yang dirangkai persiapan Pembentukan Tim Yakan di Pilkada 2020. SUNARDI/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan Yapan, selama memimpin Kubar bersama Edyanto Arkan, sejumlah pencapaian telah dicapai. Salah satunya adalah ekonomi kerakyatan yang berjalan baik dengan peningkatan ekonomi masyarakat di 16 kecamatan se-Kubar. Keduanya juga telah membangun secara adil dengan semboyan ‘Semoga Hari Esok Kubar Lebih Baik Daripada Hari Ini’ menjadi semangat untuk membangun daerah.
“Kami maju dalam Pilkada 2020 dengan modal sudah berbuat. Saya ingin bagaimana kita bersama harus berbuat, sambil di evaluasi. Kita bersama mengawasi dan memberikan arahan serta kritik yang bersifat membangun,” kata Yapan yang bergelar Tumenggung Singa Praja dari Kesultanan Kutai.
Yapan menambahkan, kepercayaan masyarakat selama ini juga modal Yakan Jilid II untuk memimpin Kubar. Ditambah pengalaman dalam membangun Kubar selama empat tahun ini, dengan menjaga keberagaman. Sehingga pembangunan Kubar kedepan akan semakin merata dan semakin sejahtera.
Diakuinya, di awal pemerintahan masih ada bidang pembangunan yang tertinggal. Untuk itu, ia dan Edyanto Arkan bertekad menyempurnakan kekurangan selama ini. Kepemimpinan dengan pola transparan dan terbuka juga akan diteruskan. Sehingga apapun yang direncakan dalam pembangunan Kubar, disusun secara terbuka, dengan persetujuan DPRD Kubar.

Disebutkannya, Pemkab Kubar telah empat kali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Juga tiga berturut-turut mendapat penghargaan dalam kategori pengelolaan keuangan terbaik dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim.
“Kita sudah membayar apa yang menjadi tanggungan Pemkab Kubar. Kubar sudah bisa bersaing dengan kabupaten dan kota lain. Bahkan 2020 ini menjadi Pilot Project, pemerintah daerah se-Kaltim,” tegas Yapan yang juga Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kubar.
Pemkab Kubar, lanjutnya, juga tidak ketinggalan dalam pembangunan bidang pemberdayaan perempuan di seluruh Kubar. Yang dijalankan dengan baik oleh TP-PKK Kabupaten Kubar. Di bidang pendidikan, kesehatan, termasuk menggalakkan bidang seni dan budaya serta pariwisata juga terus ditingkatkan.
Yapan mengajak masyarakat Kubar untuk mempersiapkan diri menyongsong hadirnya Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur. Baik dari segi ekonomi maupun SDM dengan memanfaatkan sejumlah program pemerintah yang telah disiapkan. Seperti bantuan berupa bibit ikan, ternak, pengadaan keramba, kolam ikan, bibit karet, sengon, sawit dan bantuan di berbagai bidang.



“Ayo…ayo, mari kita kelola agar bisa memberi hasil yang positif untuk meningkatkan perekonomian. Saya tidak bisa membangun Kubar ini sendiri, saya butuh semua masyarakat untuk bersama-sama membangun,” ucap Yapan.
Acara malam tadi dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh pemuda, pemuka agama dan tokoh adat di Kubar. Antara lain, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kubar Syachran Eric Lenyoq, Ketua DPD Partai NasDem Kubar Agus Sopian, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kubar H Ellyson, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar Noratim dan Edom Marvhin.
Seluruh Anggota DPRD Kubar dari PDI Perjuangan juga hadir, beserta para Pengurus PDI Perjuangan di tingkat DPC, PAC dan Ranting se-Kubar. #Sunardi

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here