Hits: 0

Diupayakan Bibit Unggul Pagi Gunung

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tentara Nasional Indonesia akan membantu para petani di Kabupaten Kutai Barat untuk menanam padi di masa tanam tahun ini. Tidak hanya di Kubar yang memiliki lahan tanam padi seluas 2.800 hektar, seluas 2.000 hektar di Kabupaten Mahakam Ulu Mahulu jadi prioritas ditanami.



Dikatakan Komandan Kodim 0912/Kutai Barat, Letnan Kolonel Infanteri Hendriawan Senjaya, 13 Komandan Koramil di jajarannya telah diperintahkan menggiatkan Bintara Pembina Desa. Agar turun mendampingi petani bercocok tanam padi. Untuk menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pusat, terutama guna ketahanan pangan masyarakat Kubar dan Mahulu.

Melalui kerjasama TNI  dengan Kementerian Pertanian, diharapkan swasembada pangan nasional dapat berjalan sukses. “Karena saat ini sudah mulai memasuki masa tanam, maka petani mulai pengerjaan lahan, perlu pendampingan khusus dari TNI,” ujar Hendriawan Senjaya, Kamis 31/8/2017 di Markas Kodim 0912/KBR.



Letkol Hendriawan Senjaya menjelaskan, sudah ada rapat Kodim 0912/KBR bersama Dinas Pertanian Kubar. Dan dihadiri seluruh Danramil beserta Babinsa se-Kubar. Untuk membahas target Luas Tambah Tanam padi di Kubar.

Mempertimbangkan curah hujan yang cukup tinggi di Kubar dalam tahun ini, petani diarahkan untuk menanam jenis padi gunung. Seraya tetap berupaya menanam padi sawah di areal yang kurang terdampak banjir Sungai Mahakam. Babinsa diminta memotivasi petani agar memaksimalkan hasil. Dan dari provinsi telah hadir memantau dan mengkaji cara melipatgandakan hasil pertanian  padi gunung di Kubar.

“Saya perintahkan Babinsa di 13 Koramil untuk memotivasi, mengajak, serta mendampingi petani pada saat tanam padi gunung. Target kita agar tercapai ketahanan pangan Kubar. Meskipun saat ini kendala kondisi cuaca yang sering membuat banjir,” ungkap Hendriawan Senjaya.

Diakui Dandim, petani di Kubar masih menggunakan bibit padi tradisional untuk padi gunung. Kodim sudah berkordinasi dengan Distan Kubar untuk mengadakan bibit padi gunung jenis unggul. “Kalau sudah ada bibit unggul padi gunung, ini akan menjadi suatu terobosan untuk meningkatkan hasil padi gunung petani,” katanya. #Reyber Benhouser Simorangkir



Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here