Hits: 0

Keduanya Mengaku Belum Menerima Surat Dimaksud

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Sikap politik Partai Amanat Nasional dan Partai Nasdem di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun 2020 terkesan samar-samar. Sebab sejauh ini, tinggal empat dari 10 partai politik di DPRD Kubar yang belum menegaskan sikap. Yakni soal dukungan kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar periode 2020-2024.

PAN dengan tiga kursi dan Nasdem dua kursi di DPRD Kubar, masih dipertanyakan publik kemana arah politiknya. Dua parpol lainnya, yaitu Partai Golkar dengan tiga kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa sebagai pemilik satu kursi di DPRD Kubar.



Sedangkan enam parpol dengan kuota 16 kursi di DPRD Kubar, telah menyatakan pilihan secara terbuka kepada pasangan FX Yapan dan H Edyanto Arkan atau Yakan. Dukungan itu melampaui syarat ambang batas pencalonan yang ditentukan KPU Republik Indonesia. Yakni paling sedikit 20 persen kursi di DPRD Kubar.

Parpol yang telah menerbitkan rekomendasi bagi Yakan, adalah:

  1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (6 kursi)
  2. Partai Hati Nurani Rakyat (3 kursi)
  3. Partai Demokrat (3 kursi)
  4. Partai Gerakan Indonesia Raya (2 kursi)
  5. Partai Keadilan Sejahtera (1 kursi)
  6. Partai Persatuan Indonesia (1 kursi)

Ditanya selembar dokumen yang beredar di dunia maya dengan kop surat tertera DPP PAN, H Sopiansyah enggan berkomentar banyak. “Komentar saya sama yang lalu pak,” kata pria yang juga Ketua DPD PAN Kubar ini kepada KabarKubar melalui pesan WhatsApp.

Ketua DPD Partai Nasdem Kubar Agus Sophian, Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia Kubar Darsono Edward, dan Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kubar H Sopiansyah, dalam diskusi di Gedung DPRD Kubar. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Dikirimkan dokumen itu, Sopiansyah bergeming. “Maaf tidak bisa saya jelaskan itu. Yang jelas sama belum terima tembusannya dari DPW maupun DPP PAN pak,” ujarnya beberapa hari lalu sebagai jawaban konfirmasi pada Selasa, 21 Juli 2020 ini.

Dalam dokumen beredar di media sosial itu, tertulis Surat Keputusan DPP PAN Nomor: PAN/A.Kpts/KU-SJ/061/VI/2020. Tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat, yang diteken Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal, Eddy Soeparno. SK DPP PAN tertanggal 15 Juni 2020 di Jakarta itu, menyebut nama Calon Bupati adalah FX Yapan dan Calon Wakil Bupati adalah Edyanto Arkan.

Hal yang sama di Partai Nasdem. Ada dokumen beredar di media sosial dengan kop surat DPP Partai Nasdem. Mencantumkan nama pasangan Yakan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar. Bagian atas surat tertulis Keputusan DPP Partai Nasdem Nomor: 040 – KPts/DPP-Nasdem/VI/2020. Tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur Dari Partai Nasdem.



Surat ditandangani oleh Ketua Umum, Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal, Johnny G Plate Jakarta pada 30 Juni 2020. “Ya itu saya belum terima,” kata Ketua DPD Partai Nasdem Kubar, Agus Sophian singkat, saat KabarKubar mengirimkan dokumen dimaksud.

Ditanya kebenaran terkait SK itu, Agus Sophian mengakui telah mendapat informasi yang sama. “Ya ada saya dengar (telah terbit SK untuk pasangan Yakan). Hanya belum saya terima,” jelasnya. “Ya kita di daerah siap mengamankan dan melaksanakan keputusan dari DPP,” tegas pria yang akrab disapa Kincan ini. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here