Hits: 3

Sejak Tahun 2018 Pakai Kode Wilayah Kabupaten Malinau

Bintara Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Satlantas Polres Kubar, Aipda Ruedinambo Situmorang, memimpin apel gabungan Samsat Pembantu Mahakam Ulu bersama Dinas Perhubungan dan Polsek Long Bagun. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

LONG BAGUN – KABARKUBAR.COM
Disahkan pada 13 Januari 2013, Kabupaten Mahakam Ulu menjadi daerah otonomi baru hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat. Selain banyak hal menjadi kewenangan atau hak langsung daerah, kini Tanda Nomor Kendaraan Bermotor pun telah memiliki kode wilayah tersendiri. Hingga Februari 2020, sudah 792 unit kendaraan bermotor (ranmor) menggunakan kode wilayah Mahulu.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kutai Barat, Iptu Edo Damara Yudha, perubahan kode wilayah dimulai tahun 2018. Jika sebelumnya menggunakan kode wilayah Kubar dengan nomor seri P, kini memakai T.

Kantor Samsat Pembantu Mahulu di Jalan RT 13 Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

“Plat kendaraan tetap pakai kode wilayah Kalimantan Timur, yaitu KT. Karena seharusnya kode wilayah pada plat kendaraan di setiap daerah berbeda. Nomor seri Mahulu sekarang memakai T,” ujarnya melalui Bintara Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Satlantas Polres Kubar, Aipda Ruedinambo Situmorang pada Senin, 20 April 2020.

Dijelaskan Aipda Ruedinambo Situmorang, saat ini ada 3.011 unit ranmor yang tercatat beroperasi di Mahulu. Hal itu didasari Rekap Data Potensi Objek Kendaraan Perjenis Wilayah Mahakam Ulu sampai dengan Februari 2020. Terdiri dari Roda 4 sebanyak 342 unit, dan Roda 2 ada 2.669 unit.



“Rinciannya, jenis Sedan 2 unit, Jeep 22, Minibus 137, Mikrobus 2, Pick Up 169, Truk 10, dan Sepeda Motor 2.669. Semoga kesadaran untuk membayar pajak lebih tinggi, untuk pembangunan Mahulu yang lebih baik,” ungkap pria yang diarahkan untuk bertugas di Kantor Unit Pelaksana Tugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat Pembantu Mahulu.

Ia menambahkan, di Samsat Pembantu Mahulu ada tiga instansi yang bekerja dalam satu atap. Yaitu Satlantas, Dinas Pendapatan Daerah, dan Jasa Raharja. H Akhmad Sarkawi membawahi langsung sebagai Kepala UPT Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah Kubar. “Kami ada empat personel yang bertugas sehari-hari,” jelas Aipda Ruedinambo Situmorang.

Salah satu mobil yang telah menggunakan kode wilayah Kabupaten Mahakam Ulu. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Untuk diketahui, plat ranmor seluruh kabupaten dan kota di wilayah Kaltim menggunakan kode KT. Kemudian di belakang nomor plat yang berupa angka, diikuti nomor seri atau kode wilayah daerah berupa huruf. Gunanya untuk mengidentifikasi wilayah tempat kendaraan tersebut terdaftar.



Selengkapnya adalah sebagai berikut;

DAERAH KODE WILAYAH
Kabupaten Kutai Barat KT …. P
Kabupaten Mahakam Ulu KT …. T
Kabupaten Kutai Kartanegara KT …. C/O/U
Kota Samarinda KT …. B/I/M/N/W
Kota Balikpapan KT …. A/K/L/Y/Z
Kabupaten Penajam Paser Utara KT …. V
Kota Bontang KT …. D/Q
Kabupaten Kutai Timur KT …. R
Kabupaten Paser KT …. E
Kabupaten Berau KT …. G



Sebelumnya nomor seri T adalah kode wilayah Kabupaten Malinau. Namun terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara dari pemekaran Provinsi Kaltim, maka nomor plat pun telah berubah. Sejak April 2017, Kaltara memakai plat kendaraan dengan kode KU. Sedangkan Provinsi Kalimantan Tengah menggunakan kode KH, Provinsi Kalimantan Barat dengan KB, dan Provinsi Kalimantan Selatan memakai DA. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here