Jalankan Amanat Bupati Kubar dan Minta Segera Semenisasi

Ketua RT VIII , Mardi dan Ketua RT IX Kelurahan Simpang Raya, Victorius Gereng, menunjukkan kondisi Gang Ringeng yang telah mulus, Jumat 18/8/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Harapan warga RT V, VIII dan IX, Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok agar Gang Ringeng mulus telah terealisasi. Sebab berkat swadaya masyarakat 3 RT tersebut, proses perbaikan infrastruktur jalan warga itu dapat terlaksana. Namun demikian, warga berharap Pemerintah Kabupaten segera melakukan semenisasi.

“Gang Ringeng merupakan akses menuju rumah warga. Seratusan warga sangat membutuhkan gang ini sebagai akses lalu-lalang. Sebelumnya, kondisinya rusak parah dan kini sudah mulus, setelah diperbaiki secara swadaya oleh warga,” ujar Ketua RT VIII Kelurahan Simpang Raya, Mardi, kepada KabarKubar, Jumat 18/8/2017.

Warga RT V, VIII dan IX, Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Memasang Gorong-gorong di Gang Ringeng. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Mardi menuturkan, kondisi gang itu sebelumnya rusak dan berlumpur serta tidak ada drainasenya. Ketika dimusim penghujan, gang digenangi air. Kondisi itu diperparah tumbuhnya rerumputan memenuhi badan gang. “Sebelumnya mobil tidak bisa masuk. Sepeda motor saja sulit melintas. Kondisi kerusakannya sudah berlangsung sekitar 2 tahun,” ungkapnya.

Berkat swasembada warga ketiga RT serta bantuan dari para donatur, gang sepanjang sekira 400 meter kini telah mulus. Demi mendapatkan jalan mulus, warga telah memasang 13 unit gorong-gorong, menghampar pasir dan batu atau sirtu sebanyak 14 rit serta membeli racun rumput untuk membasmi rerumputan yang tumbuh subur.

Selain itu, proses pengerjaannya mempergunakan alat berat jenis Motor Greder untuk membentuk badan jalan dan membentuk parit. Juga, 1 unit Compactor untuk pemadatan jalan, serta tentunya bantuan manual dari warga sekitar. Total biaya yang dihabiskan berkisar Rp 15 Juta lebih.

1 Unit Alat Berat Dipergunakan Guna Perbaikan Gang Ringeng, Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Terima kasih kepada Pak Lurah Wilhelmus, B Angel Mart Swalayan atas bantuannya. Yohanes Bela atas alat beratnya serta para donatur lainnya dan juga warga yang telah membantu, sehingga Gang Ringeng menjadi mulus,” ucap Mardi.

“Ini sesuai dengan petunjuk Pak Bupati, yang mengatakan RT harus bergerak. Selaku Ketua RT, kami bersama warga sekitar langsung mengambil inisiatif seperti ini,”sebutnya.

Ketua RT IX Kelurahan Simpang Raya, Victorius Gereng mengakui, warga sangat berharap Pemkab Kubar melakukan semenisasi terhadap gang itu. Upaya warga memperbaikinya telah membuahkan hasil, namun agar dapat bertahan lama perlu segera dilakukan semenisasi.

Warga Mmngampar Pasir dan Batu secara manual untuk penimbunan Gang Ringeng yang Rusak. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

“Jika hendak dilakukan semenisasi, kiranya kami berharap warga sekitar yang diberdayakan. Sebab kami tahu kondisi gang ini, apalagi nantinya hasil pembangunannya untuk kami juga. Pastinya kami akan buat yang terbaik,” pinta Gereng diamini Mardi serta warga sekitar lainnya.
Reyber Benhouser Simorangkir


 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here