Hits: 0

Juara 3 pada Kategori Penguatan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat

Petinggi Muara Benangaq, Ismawi, bersama 11 kepala desa yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Selasa 9/10/2018 malam tadi. REVANDI/KABARKUBAR.COM

SAMARINDA – KABARKUBAR.COM

Kampung Muara Benangaq di Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat, meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Selasa 9/10/2018 malam tadi. Penghargaan bagi 12 desa itu diberikan kepada desa atau kampung yang dinilai berprestasi. Khususnya dalam pembangunan desa, penggunaan dana desa, inovatif, dan terbaik dalam pelayanan informasi publik.

Penghargaan diserahkan Gubernur Kaltim, Isran Noor, melalui Asisten III Sekretariat Provinsi Kaltim, H Sabani. Dan juga oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa Provinsi Kaltim, M Jauhar Effendi. Penghargaan itu dibagi dalam empat kategori.



Pertama adalah kategori Penguatan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat yang menempatkan Kampung Maluang di Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau sebagai Juara 1. Posisi Juara 2 adalah Desa Paser Belengkong di Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, dan Kampung Muara Benangaq meraih Juara 3.

“Kita berharap ini menjadi salah satu motivasi bagi 190 Kepala Kampung atau Petinggi di 16 kecamatan se-Kubar. Sehingga pembangunan di kampung-kampung makin baik, dan sejalan dengan visi-misi yang dicanangkan Bapak Bupati Kutai Barat, FX Yapan,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Kampung dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kubar, Rabu 10/10/2018.

Petinggi Muara Benanaq, Ismawi, bersama Kepala Bidang Pemerintahan Kampung dan Kelurahan DPMD Kubar, FX Sumardi, dan Kepala DPMPD Kaltim, Jauhar Effendy, menunjukkan Sertifikat Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kaltim. REVANDI/KABARKUBAR.COM

“Saya dan warga Muara Benangaq bersyukur dengan penghargaan ini. Jadi kerja keras kami bisa juga mendapat penghargaan seperti ini. Kami tidak menduga ini terjadi,” ujar Petinggi Muara Benangaq, Ismawi, yang menerima penghargaan bagi desanya dalam Rapar Kordinasi II Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kaltim.

Para Kepala Desa atau Kampung, diterima oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, di Kantor Gubernur Kaltim. REVANDI/KABARKUBAR.COM

Kategori kedua, adalah Pelaksanaan Prioritas Penggunaan Dana Desa. Juara 1 adalah Desa Kerta Bhakti di Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser. Juara 2 diraih Desa Sungai Bawang di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dan Juara 3 menjadi milik Desa Gunung Makmur di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam kategori ketiga, yakni Desa Prakarsa Dan Inovatif Desa Loa Duri Ilir di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara menempati posisi Terbaik. Kemudian Desa Tajur di Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser menjadi Juara 2. Dan Juara 3 untuk Kampung Batu Putih di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.



Kategori terakhir adalah Pelayanan Informasi Dan Pelayanan Publik. Pada kategori ini, Desa Bhuana Jaya di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara meraih predikat Juara 1. Juara 2 diberikan kepada Desa Sidorejo di Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. Juara 3 diraih Desa Batu Kajang di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser.

Dikatakan Jauhar Effendi, tujuan penghargaan ini untuk memacu desa lain yang belum menerima penghargaan agar berbuat lebih baik, dan mengejar ketertinggalannya. “Kepada mereka yang mendapat penghargaan, diharap bisa mempertahankan predikat juaranya. Dan jika bisa meningkatkan prestasi tersebut,” katanya. #Revandi/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here