Hits: 0

Survey CSIS : “Masyarakat Menilai, TNI Institusi Paling Solid & Terpercaya”

Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya sebagai Inspektur Upacara HUT TNI Ke-72 di Makodim, Kamis 5/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK- KABARKUBAR.COM
Memperingati Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang ke-72, Komando Distrik Militer 0912/KBR menggelar upacara bersama seluruh elemen masyarakat, Rabu 5/10/2017. Acara digelar di lapangan Upacara Makodim, dengan Inspektur Upacara Dandim 0912/KBR, Hendriawan Senjaya. Sementara Perwira Seksi Intelijen Dim 0912/KBR, Kapten Inf Rokim bertindak sebagai Komandan Upacara.

Komandan Distrik Militer 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya menyampaikan, pada Hari Ulang Tahun TNI yang ke-72 ini, bertema pokok ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’. Makna yang terkandung yakni bahwa TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

“Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern. Sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama Rakyat, TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya membacakan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Hendriawan Senjaya selaku Irup didampingi Komandan Upacara, Pasintel Dim 0912/KBR, Kapten Inf Rokim memeriksa kesiapan pasukan pada upacara HUT TNI Ke-72 di Makodim, Kamis 5/10/2012. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan dari Sistem Pertahanan Semesta.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara. Baik melalui Operasi Militer untuk Perang ataupun Operasi Militer Selain Perang. Berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.


“Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia. Seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir dan longsor. Juga, keberhasilan TNI melaksanakan Operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi-aksi terorisme,” paparnya.

Veteran, Bupati Kubar, Wakil Bupati, Sekda, Wakapolres Kubar, SKPD serta sejumlah hadirin lainnya saat mengikuti upacara HUT TNI Ke-72 di Makodim, Kamis 5/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Keberadaan prajurit TNI, lanjut Hendriawan, selalu mendapat hati di lingkungan masyarakat sekitarnya. Hal itu karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun prajurit TNI berada. “Setiap Prajurit dan ASN dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” sebutnya.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya. Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya. “Kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang di ukir oleh pimpinan TNI, yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” katanya.

Dandim 0912, Letkol Inf Hendriawan Senjaya bersama Kasdim, Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK Dim 0912/KBR, Bupati Kubar, Wakil Bupati, Sekda, Wakapolres Kubar dan Perwakilan TNI-AU usai upacara HUT TNI Ke-72 di Makodim, Kamis 5/10/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Pada kesempatan itu, guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, di ingatkan 7 pedoman pokok dalam melaksanakaan tugas dan pengabdian. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, tempatkan tugas di atas segala-galanya. Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan.

Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia. Kelima, bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI.


“Keenam, selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif. Serta Ketujuh, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, Bersama Rakyat TNI Kuat,” pungkasnya.

Hadir pada upacara HUT TNI ke-72 tersebut, diantaranya, Veteran, Bupati Kubar, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Wakil Kapolres Kubar, KBO Sabhara serta sejumlah personel Polres Kubar, sejumlah SKPD, Ormas, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pelajar, Mahasiswa, sejumlah ASN serta hadirin lainnya.#Reyber Benhouser Simorangkir


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here