Hits: 0

Kasdim : Ilmu Agama, Dasar Bangun Karakter Generasi Muda

 

Kepala Staf Kodim 0912/Kubar, Mayor Infanteri Wahyudi, menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba Musabaqah Tilawatil Quran di Mushola Makodim 0912/Kubar, Kamis 3/8/2017. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK-KABARKUBAR.COM
Ilmu agama merupakan dasar membentuk akhlak dan karakter. Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia serta berjiwa patriotik. Generasi muda yang dibekali ilmu dasar yang kuat, tidak akan terimbas pengaruh negatif era globalisasi. Jiwa nasionalisme akan semakin kuat dan kokoh dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

Demikian disampaikan Komandan Distrik Militer 0912 Kutai Barat, Letkol Inf Hendriawan Senjaya SE Mthan melalui Kepala Staf Distrik Militer 0912/KBR disela perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Tahfidz Quran, Kamis 3/8/2017. Acara itupun semakin menarik dan religius dipandu Diana Susilowati, Pegawai Negeri Sipil dari Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Kubar.

Wahyudi, lulusan SEPA TNI tahun 1998 itu mengakui, serbuan teritorial TA 2017 tersebut merupakan sebagai salah satu upaya mempererat tali silaturahmi antara TNI dan Masyarakat. Demi mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat. “Kegiatan religius ini merupakan kegiatan positif. Baik dalam hal menempah karakter generasi muda serta guna memacu tumbuhnya motivasi bersaing secara sehat,” ungkapnya.

Peserta Musabaqah Tahfidz Quran (MTQ) sebanyak 9 Siswa. Perwakilan dari Hidayatullah Kubar ada 4 siswa, yakni Ely Kusuma, Muhammad Rizki Aditya, Rega Saputra dan Ilma Nurdianti. Dari MA Subulussalam Barong Tongkok mengutus Arini. MTS Negeri Kubar menerjunkan perwakilannya sebanyak 3 orang, yakni Rosa Tri Rahmawati, Fazhul Fikri dan Maulida Khoirunissa. Sementara dari SMA 2 Barong Tongkok mengutus Feri Gunawan.

Kepala Staf Kodim 0912/Kubar, Mayor Infanteri Wahyudi, bersama para pemenang Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an. REYBER BENHOUSER SIMORANGKIR/KABARKUBAR.COM

Sementara pada perlombaan Musabaq Tilawatil Qur’an, jumlah peserta sebanyak 8 orang. Dari SMA Negeri 1 Sendawar mengutus Lulu Ilmahnum dan Risda Amalia. Perwakilan MTS Negeri Kubar yakni Siti Aisyah dan Siva Awalia Asrori. MA Subulussalam Barong Tongkok mengirim Sultaqi Rahman dan Tina Indriyani. Hidayatullah Kubar juga mengirim Restu Agil dan Yasin.

“Melalui kegiatan keagamaan ini, kami berharap kepada peserta, khususnya generasi muda islam, hendaknya dapat memetik manfaat. Pembekalan kiranya dijadikan sebagai cemin dalam bersikap dan berperilaku, Yakni berpedoman pada tuntunan agama, yakni berakhlak baik dan mulia,” harapnya.

Sementara untuk Dewan Hakim perlombaan, yaitu juri MTQ Tingkat Kabupaten Kubar. Seperti Ustadz Abdul Aziz SAg, Ustadz Abdul Kholiq SPd MPd dan Ustadz Ishaq Ssos. Hasil penilaian Dewan Hakim pada perlombaan Musabaqah Tahfidz Quran, Juara 1 dengan total nilai 92 diraih peserta MA Subulussalam Barong Tongkok. Juara 2 dengan nilai 91 jatuh ditangan Ely Kusuma dari Hidayatullah Kubar. Sementara juara 3 dengan nilai 84 diraih Rosa Tri Rahmawati dari MTs Negeri Kubar.

Pada perlombaan Tilawatil Qur’an, juara 1 dengan total nilai 58 diraih Siti Aisyah dari MTS Kubar. Lulu Ilmahnum dengan nilai 55 dari SMA Negeri 1 Sendawar meraih juara 2 dan juara 3 dengan nilai 54 diraih Sultaqi Rahman dari MA Subulussalam Barong Tongkok.
Reyber Benhouser Simorangkir

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here