Bina Olahraga dan Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Kodim Kubar Gelar Turnamen Sepakbola

0
55

Piala KASAD Liga Santri Tahun 2022

Turnamen Sepakbola Piala KASAD Liga Santri Tahun 2022 mulai digelar di Lapangan Sepakbola Markas Kodim 0912/Kutai Barat pada Senin, 20 Juni 2022 sore. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM

Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat menggelar pertandingan sepakbola di lapangan sepakbola Markas Kodim 0912/KBR pada Senin, 20 Juni 2022 sore. Ajang ini bertajuk Turnamen Piala Kepala Staf TNI Angkatan Darat atau KASAD Liga Santri Tahun 2022.

Liga dibuka oleh Kepala Seksi Teritorial atau Pasiter Kodim 0912/KBR, Kapten Armed Sutrisno yang mewakili Komandan Kodim 0912/KBR, Letnan Kolonel Kavaleri Yudhi Prasetyo Purnomo.

Dalam amanatnya, KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, turnamen sepakbola ini sebagai wujud menumbuhkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Juga sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air, bangsa Indonesia.

“Serta dapat memberikan pembinaan potensi bagi generasi muda,” ujarnya dalam amanat yang dibacakan Kapten Sutrisno.

Amanat Jenderal Dudung Abdurachman dibacakan Kapten Armen Sutrisno dalam pembukaan turnamen. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Dijelaskan, kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di Kabupaten Kutai Barat. Tetapi serentak di seluruh wilayah Indonesia. Melalui ajang sepakbola ini juga menjadi penguat tali silaturahmi antar seluruh santri di Indonesia.

Diharapkan rangkaian pertandingan yang telah disusun jadwalnya ini bisa berjalan dengan baik. Ini merupakan salah satu wujud peran serta Tentara Nasional Indonesia dalam membangun demi kemajuan sepakbola.

Diuraikannya, pada pertandingan ini perwakilan tim yang lolos dari tingkat kabupaten yang digelar pada 20 Juni – 30 Juli ini akan berlaga di tingkat provinsi. Yang akan digelar pada 7 Agustus hingga 23 September mendatang.

Selanjutnya perwakilan dari provinsi tersebut akan berlaga di tingkat nasional pada 25 September 2022. Hingga puncaknya pada 22 Oktober 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional.

“Pesan saya, tetap jaga serta junjung sportivitas dan persaudaraan selama bertanding,” tegas Jenderal Dudung.

Pembukaan turnamen liga santri tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kutai Barat, Gamas Laden. Ia mengapresiasi dan sangat mendukung pengembangan olahraga di kalangan para santri yang selama ini belajar, khususnya mendalami ilmu agama.

“Ini sangat positif. Di samping kesehariannya hanya belajar, tentu harus diimbangi dengan berolahraga. Sehingga melalui kegiatan olahraga ini dapat mempengaruhi dan meningkatkan daya tangkap dan daya ingat. Menjadikan tubuh bugar dan sehat. Seperti kata pepatah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” katanya.

Diharapkannya, Liga Santri di Kabupaten Kutai Barat ini bisa menjadi lebih besar lagi ke depan. Serta dapat menumbuhkan serta melahirkan potensi muda berbakat dalam bidang olahraga. “Sehingga nantinya dapat mengharumkan nama Kabupaten Kutai Barat melalui prestasi di bidang olahraga,” ungkapnya kepada awak media. #Lilis Sari

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here