Hits: 1

Peringatan HUT Kabupaten Kutai Barat Ke-19 dan Hari Sumpah Pemuda Ke-90

Bupati Kubar FX Yapan memukul gong, dan Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan menabuh gendang tradisional, sebagai tanda dibukanya Festival Dahau 2018 di Taman Budaya Sendawar,, Senin 29/10/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Ribuan orang dari pegawai, pelajar, anggota organisasi kemasyarakatan, kepolisian, tentara, dan karyawan perusahaan, mengikuti upacara di Taman Budaya Sendawar. Upacara pada Senin 29/10/2018 pagi tadi, dalam rangka Pembukaan Festival Dahau 2018 Dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kutai Barat Ke-19. Sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-90 tahun 2018.

Sebagai Ketua Panitia Festival Dahau 2018, Silvanus Ngampun mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk ucapan syukur. Yang bertujuan memperkenalkan dan melestarikan seni dan budaya sebagai wujud cinta Indonesia. “Dengan wilayah sempekat kerukunan menjaga persatuan dan persaudaraan di Tanaa Purai Ngeriman. Kita harap seluruh masyarakat Kubar bersama-sama berpartisipasi menuju hari esok lebih baik,” imbaunya dalam sambutan.



Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, budaya lokal harus dilestarikan. Tidak hanya saat peringatan HUT Kubar atau Festival Dahau. Namun adat istiadat dan tradisi sepatutnya tidak dilupakan dan perlu dikembangkan. Tidak hanya seni budaya berupa tari-tarian, tapi juga seluruh peninggalan atau warisan leluhur yang baik.

“Kalau bisa olahraga tradisional kita tidak hanya dipertandingkan di tingkat lokal, juga bisa menjadi olahraga nasional,” katanya kepada KabarKubar, usai menjajal olahraga ketangkasan tradisional Menyumpit.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, menjajal kemampuan dalam olahraga ketangkasan tradisional menyumpit dalam jarak 25 meter yang menjadi pertandingan pembuka pada Festival Dahau 2018 dalam rangka memperingati HUT Kubar Ke-90. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Bupati Kubar mengajak seluruh komponen masyarakat menjadikan momen tersebut sebagai sarana memperbaiki diri. Juga untuk menunjukkan kerja nyata, kerja keras, dengan tetap menjaga kekompakan. Dan turut berpartisipasi demi terwujudnya Kubar yang berkualitas. “Mari bersama melestarikan, dan mempertahankan budaya setempat serta kearifan lokal, sehingga pantas dijadikan identitas,” katanya.

Usai membuka resmi Festival Dahau 2018 dengan memukul Gong, Bupati mengajak para undangan untuk mengunjungi stand pameran pembangunan yang telah dibuka. Namun sebelumnya, ia mengajak menjajal olahraga ketangkasan tradisional Menyumpit.



Ikut serta menjajal kemampuannya, Kepala Polres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan dan Kepala Sub Bagian Pembinaan Kejaksaan Negeri Kubar Syarifudin. Juga Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Silvanus Ngampun.

Selain Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan, hadir ratusan Pegawai Pemkab Kubar, para Asisten, serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. Hadir pula Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXII Dim 0912/KBR Nyonya Rudi Setiawan. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here