Hits: 2

Jadi Pendidikan Budaya Bagi Generasi Muda

Tari Gantar menjadi salah satu dari 12 tari tradisional asal 6 etnis suku di Kabupaten Kutai Barat yang ditampilkan dalam Pentas Seni 6 Etnis di Taman Budaya Sendawar, Sabtu 14/4/2018 malam tadi. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Enam etnis suku besar di Kabupaten Kutai Barat menampilkan seni dan budaya leluhur dalam Pentas Seni 6 Etnis di Taman Budaya Sendawar, Sabtu 14/4/2018 tadi malam. Kali ini ditunjukkan dengan seni tari tradisional yang ditampilkan oleh 5 Sanggar Seni Budaya. Tarian dari suku Dayak Aoheng, Dayak Bahau, Dayak Kenyah, Dayak Tunjung, Dayak Benuaq dan Melayu, ditujukan untuk menarik  minat wisatawan lokal dan mancanegara.

Kepala Bidang Budaya pada Dinas Pendidikan Kubar, Ismail Panji mengatakan, pentas seni adalah salah satu bentuk pendidikan kebudayaan bagi generasi muda. Diharapkan akan terus dan harus dilakukan untuk menanamkan budaya asli leluhur kepada para pemuda sebagai penerus budaya. “Dari budaya kita bisa memperkenalkan betapa kaya daerah dan negara kita,” ujarnya selaku Ketua Panitia Pentas Seni 6 Etnis.

Pentas seni mempertunjukan 12 tarian budaya di Kubar. Yakni Ehau Gorak, Belah Pencalin, Hudoq, Burung Terbang, Datun Julud Leleng, Ngelemai, Beliant, Gantar Sentiyu, Kesetiaan Manuk Tingang, Ehan Sempaduq, Pune. Terakhir, Enggang Terbang dan Tari Perang. Seluruh tarian dibawakan 5 Sanggar Seni Budaya. Yaitu Sempekat Bangkit, Dodo Tanaa Sendawar, Apau Ayaq, Lou Pore, dan Batunt Tonoy.

Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menghadiri Pentas Seni 5 Etnis di Taman Budaya Sendawar. ANDRY ANHAR/KABARKUBAR.COM

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengatakan, potensi pariwisata dengan memperkenalkan budaya Kubar dapat meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat lokal. Tidak hanya itu, pendidikan budaya akan melestarikan budaya bagi generasi penerus ke depannya. “Sehingga akan berkembang jadi lebih baik,” katanya melalui Kepala Dinas Pendidikan Kubar, Silvanus Ngampun.

Menurut Silvanus Ngampun, Kubar mulai serius meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata dan pendidikan budaya. Tampak dari seriusnya pemerintah daerah akan pendidikan budaya dan pariwisata sebagai media untuk mempromosikan budaya daerah kepada khalayak luas. “Ini baru tahap awal, bahwa pemerintah daerah memang serius untuk meningkatkan dan memberbaiki yang sudah ada. Dikembangkan lagi dan tidak hanya sampai di sini,” sebutnya.

Selain ratusan masyarakat, pentas seni dihadiri juga para kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubar. “Kalau rutin ditampilkan pentas seni seperti ini, bisa meningkatkan kunjungan dari wisatawan lokal maupun luar negri,” celetuk Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Kubar, Erik Victory. #Andry Anhar

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here