Hits: 0

Bupati Minta Indikasi Paham Radikalisme Segera Dilaporkan

Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan bersama Bupati Kubar FX Yapan dan Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan, usai memberikan santunan kepada 30 Anak Yatim. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Di dalam teritorial Komando Distrik Militer 0912/Kutai Barat bertambah lagi satuan Tentara Nasional Indonesia. Yakni Batalyon Infanteri 612/Modang yang markasnya sementara ini menggunakan bekas Mess PT Buma di Kampung Muara Tae Kecamatan Jempang. Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan berharap, bertambahnya satuan ini dapat mengundang minat anak-anak di Kabupaten Kutai Barat untuk menjadi Tentara.

Ia mengakui, ada 7 putra Kubar yang lulus penerimaan Prajurit TNI di tahun 2017 lalu. Terdiri dari 4 Tamtama dan 3 Bintara. “Dengan dibentuknya satuan baru, yaitu Yonif 612/Modang di ex Gunung Bayan, saya harapkan putra dan putri Kubar akan lebih banyak berminat. Dan banyak yang diterima nantinya, mengisi seribuan personel untuk batalyon baru ini,” kata Letkol Rudi Setiawan, saat Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 Hijriah dan Buka Puasa Bersama Anggota Kodim 0912/KBR, Masyakarat Kubar, dan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Rabu 6/6/2018 sore tadi.

Dalam acara di Markas Kodim 0912/KBR, Jalan Gajahmada Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok itu, Bupati Kutai Barat FX Yapan menginginkan hal yang sama. “Saya tertarik sekali tentang penerimaan Prajurit TNI, terutama putra dan putri daerah. Sehingga lebih banyak lagi kuota putra daerah yang dapat diterima menjadi Prajurit TNI,” katanya.

Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama di Markas Kodim 0912/KBR juga dihadiri perwakilan perusahaan. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Lebih lanjut Dandim mengatakan, puasa yang dijalani tinggal 10 hari lagi. Ia berharap di akhir bulan puasa ini mendapatkan malam Lailatul Qadar yang diinginkan oleh banyak umat Islam.

Menyinggung Anggota Kodim 0912/KBR yang akan cuti bersama lebaran, ia meminta agar lebih berhati-hati dalam perjalanan. “Tidak usah buru-buru, cek kembali kendaraan dan perhatikan faktor keamanan. Sehingga tidak ada korban jiwa yang menimpa prajurit saya, gara-gara kecelakaan lalu lintas,” pesan Letkol Rudi Setiawan.

Kembali kepada bupati, menegaskan kewaspadaan atas peristiwa baru-baru ini. Yakni maraknya tindak kriminal berupa aksi terorisme. Sebagaimana disinggung Dandim menyangkut paham radikalisme dan terorisme, FX Yapan sepakat harus menangkalnya. Selaku kepala pemerintahan daerah, ia meminta diperhatikan masing-masing wilayahnya.

Sebanyak 30 Anak Yatim beruntung mendapat santunan dari Komandan Kodim 0912/KBR Letnan Kolonel Infanteri Rudi Setiawan. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

“Apabila menemukan orang mencurigakan atau orang-orang asing, segera lapor RT atau RW. Dan laporkan kepada aparat keamanan. Agar terjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kubar,” tegas FX Yapan.

Pada acara yang dihadiri Kepala Kepolisian Resor Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan ini, ada pembacaan ayat-ayat Suci Al-Quran oleh Sersan Dua Larahim. Kemudian ceramah dibawakan Gus Saipul yang dilanjutkan berbuka puasa bersama dan salat Magrib. Sebelum ramah tamah, Dandim memberikan santunan kepada 30 Anak Yatim.

Turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kutai Barat, H Anshori dan para Perwira, Bintara dan Tantama di Jajaran Kodim 0912/KBR. Ada juga para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kubar. #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here