Hits: 0

RKPD Tahun 2019 Fokus Infrastruktur Jalan Kampung dan Kecamatan

Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Tahun 2019, Rabu 21/3/2018 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menitikberatkan pada bidang infrastruktur jalan. Khususnya akses atau penghubung antar kampung dan kecamatan. Untuk itu, seluruh pemangku kebijakan diminta aktif dalam mewujudkan pembangunan Kubar ke depan.

“Kalau infrastruktur tidak baik, percuma. Dan sebaliknya apabila infrastruktur baik, program yang lain pasti mengikuti,” ujar Bupati Kubar, FX Yapan, saat Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Tahun 2019, Rabu 21/3/2018 di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Bupati Kubar.

Acara bertema ‘Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Dalam Rangka Menurunkan Ketimpangan Wilayah Dan Kemiskinan’ itu diikuti sekitar 200 orang. Bupati berpesan, seluruh aparat pemerintah harus memahami visi dan misi pembangunan. Berbagai peraturan dipandang sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan efektif menjalankan pemerintahan.

“Di dalam pelaksanaan APBD ada tiga hal saya tekankan kepada seluruh OPD (organisasi perangkat daerah). Harus transparan, tidak mark up (penggelembungan harga) dan tidak fiktif,” kata FX Yapan.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah, untuk transparan, tidak membuat penggelembungan harga dan tidak fiktif dalam melaksanakan APBD. KELVIN NURDIN/KABARKUBAR.COM

Yapan menjelaskan, sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah terus mengalami perubahan sesuai undang-undang yang mengaturnya. Referensi RKPD sendiri adalah visi dan misi, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan pokok-pokok pikiran dari DPRD Kubar.

Penetapan prioritas program dan sasaran pembangunan yang telah disepakati mesti memperhatikan aspirasi masyarakat. “Kita hrs buat matrik atau konsep mulai dari kecamatan apa yang sudah dibangun. Setelah itu kita bangun kecamatan yang belum dibangun, dan begitu seterusnya,” tegasnya.

Diungkapkan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sofyan Agus, pihaknya diundang. Dalam penyampaian RPJM Provinsi Kaltim dan prioritas pembangunan pada musrenbang yang memuat dua program. Yakni pembangunan daerah dan menyinergikan program RKPD Provinsi Kaltim dan RKPD Kabupaten Kubar. “RPJMD Kaltim 2019-2023 merupakan RPJMD masa transisi,” katanya.

Mewakili DPRD Kubar, Yohanes Don Bosko Bulor mengatakan, dewan sebagai mitra pemerintah sudah melaksanakan Paripurna pada awal Maret ini. Pokok-pokok pikiran DPRD telah diserahkan ke pemerintah melalui  Bappeda Kubar. “Kami ingin menitipkan bukan saja pokok-pokok pikiran dari musrenbang di kampung-kampung. Melainkan permintaan kami kepada provinsi, agar memperhatikan masalah jalan provinsi yang rusak, dan penerangan di kampung-kampung yang belum terpenuhi,” tegasnya.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, Sekretaris Kabupaten Yacob Tullur, para Asisten Setkab Kubar dan Kepala Pengadilan Negeri Kubar. Ada juga Kasdim 0912/KBR Mayor Infanteri Wahyudi, Kabag Perencanaan Polres Kubar Kompol Kasdi, dan Kepala Seksi Intelijen Kejari Kubar Irawan EM. Hadir pula para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kubar dan Pimpinan Perbankan di Kubar. #Kelvin Nurdin

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here