Bupati Kutai Barat Resmi Lantik 99 Petinggi Terpilih

1,232 views

99 Petinggi Terpilih Hasil Pilkades Serentak 10 Maret 2023

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, SH.MH lantik 99 Petinggi Terpilih tahun 2023.( Anthony Tobing)

SENDAWAR- KABARKUBAR.COM

Bupati Kabupaten Kutai Barat secara resmi mengambil sumpah janji dan melantik 99 Petinggi terpilih serentak, Petinggi terpilih ini merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak 10 maret 2023 lalu. Bertempat di Auditorium Aji  Tulur Jejangkat, pada 5 Mei 2023.

Setelah upacara pelantikan Bupati Kutai Barat, FX.Yapan dalam sambutannya mengatakan pelantikan petinggi ini dalam rangka suksesnya jalan roda pemerintahan kampung.

” Pelantikan ini merupakan upaya optimalisasi pemerintah kampung, sesuai nawacita Presiden Joko Widodo dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap FX.Yapan.

Foto bersama Petinggi Terpilih setelah dilantik. ( Anthony Tobing )

Fx Yapan juga berharap petinggi yang dilantik  memegang teguh dan komitmen dengan visi misi yang telah dibuatnya.

Harapannya dalam penyelenggaraan pembangunan harus melibatkan semua pihak tanpa terkecuali dan pengelolaan keuangan harus sesuai perundang- undangan yang berlaku.

Selain itu Bupati, menekankan  Pemerintah Kampung wajib mengalokasi dana untuk program ketahanan pangan, penanganan stunting,kegiatan PKK.

” Paling penting Petinggi harus jeli melihat peluang dan mengembangkan potensi kampung masing -masing untuk peningkatan pendapatan asli Kampung, serta tetap jalin kerjasama dengan semua pihak,” pungkas yapan.

Bupati Kabupaten Kutai Barat, FX. Yapan saat sampaikan ucapan selamat kepada Petinggi terpilih setelah dilantik. ( Anthony Tobing)

Pelantikan Petinggi serentak kali ini ada hal berbeda dilakukan dimana setelah selesai upacara pelantikan dilanjutkan acara sosialisasi penyampaian materi terkait fungsi dan tugas seorang petinggi.

Sehingga di harapkan melalui penyampaian materi dari Badan Keuangan dan Aset Daerah dan Inspektorat Kabupaten Kutai Barat, 99 petinggi yang baru dilantik mengerti tugas pokok dan fungsi seorang petinggi dalam menjalankan tugasnya.

Untuk di ketahui, di Kabupaten Kutai Barat ada 99 Kampung di 15 Kecamatan, diikuti 331 calon petinggi dan 63 diantaranya adalah calon Incumbent serta 15 calon petinggi perempuan, pada pemilihan Kepala desa secara serentak pada 10 maret 2023 lalu.

Dengan total 42.802 pemilih yang menggunakan hak pilihnya dari 54.720 daftar pemilih tetap, dan 63 persen calon pertaha behasil kembali terpilih. Dan dari 99 petinggi terpilih     diantaranya petinggi perempuan. #Anthony Tobing

 

Komentar

comments