Hits: 0

Saran DPP PDIP Untuk Memajukan Pasangan Internal Membuka Peluang

0906_Baliho Yovinus
TERMUDA : Sejumlah nama yang tampil di bursa Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubar baik dari PDI Perjuangan maupun partai politik lain, Yovinus menjadi figur yang juga menunggu keputusan. Keseriusannya maju di Pilkada Kubar dibuktikan dengan baliho yang terpampang di seluruh wilayah perkotaan dan 16 kecamatan se-Kubar.    DEESELHA/KabarKubar.com

BARONG TONGKOK – Empat nama di bursa Bakal Calon Bupati Kutai Barat dari PDI Perjuangan sedang harap-harap cemas. Fransiskus Xaverius Yapan, Jackson John Tawi, Rusda Hamdani dan Yovinus, menanti kabar siapa yang akan dipilih DPP PDIP untuk dijagokan dalam Pilkada Kubar tahun ini. Nama terakhir menjadi sosok termuda yang menunggu keputusan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri tersebut.

Ditemui di Bandara Melalan Kubar, Yovinus mengaku tetap optimis untuk menjadi figur terpilih dari PDIP di pesta demokrasi, 9 Desember 2015 mendatang. Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik/Agitasi Propaganda DPC PDIP Kubar ini menyebut seluruh proses seleksi yang dilaksanakan sejak di DPC, DPD hingga DPP telah diikutinya. Terakhir mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh DPP PDI Perjuangan di Hotel Swissbel Balikpapan, 24-25 Mei 2015. Ia bersama 10 tokoh dari Kubar, masuk dalam 153 peserta ujian yang berniat menjadi Balon Bupati dan Wakil Bupati di Kaltim dan Kalimantan Utara. “Saya tidak menduga bisa sampai di tahap ini (fit and proper test). Tinggal menunggu siapa yang diputuskan ibu Mega,” katanya.

Ditanya seberapa besar peluangnya untuk dipilih oleh DPP PDIP, Yovinus menyerahkan kepada keputusan partainya. Saran dari DPP PDIP yang meminta PDIP Kubar mengusung pasangan balon dari internal partai, menjadi modal tambahan. “Kita (PDIP Kubar) diminta agar mengusung kader sendiri jadi balon bupati dan wakil bupati, itu jadi peluang lagi,” jelasnya.

Raihan 14 kursi di DPRD Kubar jauh melampaui syarat 20 persen dari 25 kursi tersedia untuk mengusung pasangan calon yang ditetapkan KPU. Sementara DPP PDIP menetapkan syarat jika meraih 20 persen suara dalam Pemilu Legislatif April 2014, maka pasangan calon yang dimajukan bisa dari internal partai. Perolehan 45.618 suara dari total 82.289 suara sah seluruh partai politik pada Pileg lalu, mencatat angka 55,4 persen. “Semua tidak bisa ditebak,” pungkas Yovinus saat disinggung siapa yang paling berpeluang akan dipilih DPP PDIP.   #Sonny Lee Hutagalung

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here