Hits: 1

Siap Mendengarkan Keluhan Masyarakat

Kepala UPT Puskesmas Melak, Hj Ena Rosana, saat memaparkan kondisi Puskemas Melak kepada Tim Survei Akreditasi dari Kementerian Kesehatan, Kamis 28/9/2017. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

MELAK-KABARKUBAR.COM
Unit Pelayan Teknis Puskesmas Melak sedang mengejar kekurangan sebagai persyaratan meraih kelas lebih baik. Terutama fasilitas Puskesmas sebagai penunjang pelayanan kepada pasien. Salah satunya adalah kendaraan operasional untuk angkutan pasien, yakni ambulans.

Diakui Kepala UPT Puskesmas Melak, Ena Rosana, sejumlah fasilitas perlahan bisa dipenuhi di masa mendatang, seperti ambulans dan ruang pertemuan yang belum ada. “Ingin bisa diberi ambulans, karena yang ada sudah dari tahun 2002, dipakai Posyandu dan pasien, karena satu-satunya,” ujarnya, Rabu 4/10/2017 di ruang kerja.

Ena Rosana mengakui telah mengusulkan pengadaan 2 unit ambulans ke Pemkab Kubar. Nantinya 1 unit akan digunakan untuk operasional dan  1 unit lainnya khusus untuk angkutan pasien. Untuk pembangunan ruang rawat dan ruang pertemuan juga termasuk yang diharapkan. Usulan tersebut sebagai bagian dari pembenahan memenuhi isyarat dalam Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 Tentang Puskesmas.

Pada prinsipnya, lanjutnya, Puskesmas bekerja dengan standar operasional. Yang memiliki jaminan lingkungan dan hukum. “Jika telah diakreditasi, ada perlindungan. Jadi tidak sembarang kerja, karena ada standar operasionalnya,” imbuh Ena Rosana.

Ia mengatakan, Puskesmas siap menerima keluhan dari pasien tentang kekurangan pelayanan, agar memberikan perubahan untuk ke depannya. Sebagai petugas prasarana, harus menunjang adomisi, misi, dan pesona tata nilai seperti tata sopan sapa. Dan survei ke masyarakat, apa yang diharapkan oleh masyarakat, untuk menilai sistem pelayanan Puskesmas.

Kepala UPT Puskesmas Melak, Hj Ena Rosana. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Saat ini Staf Puskesmas berjumlah 47 orang. Yakni, 41 orang di Puskesmas dan 6 lagi di Puskesmas Pembantu. Dokter Umum ada 2, Dokter Gigi 1, Pegawai Bidang 11, Perawat 16, termasuk administrasi, tata usaha, Apoteker, dan Analis Laboratorium.

Puskemas Melak telah mempersiapkan dokumen-dokumen untuk dikaji, bekerjasama dengan lintas sektoral. Intinya, Akreditasi akan menjadi tolak ukur meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Diharapkan, dengan ada penambahan fasilitas, pelayanan akan lebih meningkat. Diminta masyarakat ikut menilai, demi perbaikan mutu pelayanan.

“Makanya dengan adanya akreditasi, semua harus pakai label nama. Agar jika seorang pasien komplain, dia bisa menyebutkan nama. Karena kami ingin merubah perilaku, dan kami bekerja berdasarkan SOP (standard operating procedure) dan berharap akan lebih baik lagi dengan adanya akreditasi,” ucap Ena Rosana. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here