Calon Tunggal, Noratim Dipastikan Jadi Ketua Partai Demokrat Kubar

0
491

Gantikan Paul Vius dan jadi orang kelima pimpin DPC Partai Demokrat Kubar

Musyawarah Cabang DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat di Hotel Platinum, Kota Balikpapan pada Kamis, 31 Maret 2022. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BALIKPAPAN – KABARKUBAR.COM

Partai Demokrat membenahi kepengurusan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Timur. Di Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat pun ada perubahan untuk lima tahun ke depan.

Dari hasil Musyawarah Cabang DPC Partai Demokrat Kubar di Hotel Platinum, Kota Balikpapan, kepemimpinan dipastikan beralih. Yang saat ini dipegang Paul Vius, akan dilanjutkan oleh Noratim.

“Calon tunggal, hanya pak Noratim yang masuk. Hampir pasti beliaulah bakal ketua,” ujar Korneles Detang selaku Ketua Panitia Pelaksana Muscab Partai Demokrat Kubar pada Kamis, 31 Maret 2022.

Detang mengatakan, nama Noratim direkomendasikan oleh 16 DPAC yang ada. Termasuk tiga DPAC yang ketua bertandatangan masih berstatus Pelaksana Tugas. Yakni Kecamatan Long Iram, Tering dan Barong Tongkok.

Tiga pimpinan DPAC tersebut telah meninggal dunia di periode kepengurusan 2016-2021. “Satu lagi yang Plt adalah Linggang Bigung. Karena ketuanya pindah ke Kutai Timur,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, mekanisme pemilihan ketua Partai Demokrat kali ini berbeda. Jika sebelumnya, calon ketua mengajukan diri atau diusulkan kader. Kemudian dilakukan pemungutan suara dengan hak suara yang dimiliki masing-masing DPAC.

Sekarang ada perubahan aturan. Setiap satu calon harus diwakili sedikitnya 20 persen dari jumlah DPAC yang ada. Barulah dilakukan pemungutan suara.

Muscab kali ini dinilai sebagai muscab terbaik sepanjang sejarah Partai Demokrat di Kubar. “Ini yang paling sejuk dan damai. Sehingga tidak seperti muscab-muscab sebelumnya, ada sedikit riak,” jelas Detang.

Wakil Bendahara DPD Partai Demokrat Kaltim, Bakri Hadi, mengakui adanya perubahan mekanisme pemilihan ketua masing-masing DPC. DPD melaksanakan Muscab Serentak di lokasi yang sama dan diikuti 10 DPC.

“Lebih jelasnya bisa tanyakan pada BPOKK (Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan),” katanya di lokasi muscab.

“Ya benar. Ketuanya Noratim, calon tunggal hasil verifikasi tadi (Rabu, 30 Maret 2022) malam. Malam ini habis pembukaan, dan sidang cuma pengesahaan rekomendas,” imbuh Syadikin, Pengurus DPD Partai Demokrat Kaltim di Bidang Doktrin, Pendidikan dan Pelatihan Daerah.

“Tahap selanjutnya, fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di Jakarta dan dipilih ketuanya. Cuma karena calon tunggal, pasti menang,” pungkasnya.

Terpisah, Noratim mengakui dirinya sebagai calon tunggal untuk posisi Ketua DPC Partai Demokrat Kubar. “Terima kasih atas ucapan selamat dari saudara-saudara,” ujarnya.

Berikut riwayat kepemimpinan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kutai Barat:

2004-2006 (Korrie Layun Rampan & Yosef Nyangun Alui)

2006-2012 (Bartolomeus Iku & Yosef Nyangun Alui)

2012-2016 (Yahya Marthan & Hermanus Tingang)

2016-2021 (Paul Vius & Noratim)

2021-2026 (Noratim & ………..)

Noratim akan menjadi orang kelima yang pernah memimpin Partai Demokrat Kubar. Pertama adalah Korrie Layun Rampan. Ia adalah putera Dayak Benuaq yang tercatat sebagai seorang sastrawan dan wartawan tingkat nasional. Pernah menulis puluhan judul buku, dan menjadi penyiar TVRI Pusat.

Di akhir hidupnya, terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kutai Barat periode 2004-2009. Ia duduk sebagai Wakil Rakyat dari Partai Demokrat bersama Yosef Nyangun Alui yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar.

Bartolomeus Iku kemudian melanjutkan tugas Korrie sejak tahun 2006 hingga 2012. Saat itu Iku duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kubar periode 2009-2014 dari Partai Demokrat bersama dua rekan partainya. Yakni Yosef Nyangun Alui dan Yamhun Anwar.

Tahun 2012, kepemimpinan Partai Demokrat Kubar dilanjutkan Yahya Marthan. Pensiunan birokrat dengan jabatan terakhir Sekretaris Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Ia menjabat selama empat tahun hingga 2016.

Selanjutnya adalah Paul Vius. Seorang pengusaha yang lama berkecimpung di perusahaan perkebunan kelapa sawit. Dia pun menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kubar periode 2014-2019.

Noratim menjadi Sekretaris DPC Partai Demokrat Kubar mendampingi Paul Vius. Pria yang berlatarbelakang aktivis ini pun duduk sebagai Anggota DPRD Kubar periode 2019-2024. #Sonny Lee Hutagalung

 

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here