Hits: 1

Seminar Sehari Anti Korupsi hadirkan Unit Tipikor Polres Kubar

Ratusan Petinggi, Sekretaris Kampung, dan Ketua Badan Perwakilan Kampung mengikuti Seminar Sehari Anti Korupsi yang dilaksanakan di BPU Tanaa Purai Ngeriman, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar pada Kamis, 12 Maret 2020. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Upaya mencegah korupsi, puluhan peserta yang terdiri dari para kepala kampung (petinggi), sekretaris kampung dan Badan Perwakilan Kampung Se-Kabupaten Kutai Barat berkumpul. Mereka mengikuti Seminar Sehari Anti Korupsi yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Tanaa Purai Ngeriman, Kompleks Perkantoran Pemkab Kubar pada Kamis, 12 Maret 2020.



Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan, seminar sehari ini dapat menjadi masukan dan referensi bagi semua aparat kampung dan BPK. Diharapkan pemerintah kampung dapat memahami dengan baik pembekalan materi yang diberikan. Sehingga wawasan dapat disebarkan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing secara efektif dan efisien.
“Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan jangan coba-coba menyalahkan wewenang dan menyuap aparat,” pesannya dalam kata sambutan yang diwakili Asisten I Sekretariat Kabupaten Kubar, Misran Effendi.
Pejabat Sementara Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Kubar, Aipda Muhammad Daud menyampaikan materi kepada para aparatur dan lembaga pengawasan kampung. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Misran melanjutkan, aparat kampung diharap dapat satu suara, satu langkah, satu irama dalam membangun kampung. Dengan sinergis dan kompak serta sesuai. “Ayo rangkul semua, jauhi korupsi dan membangun Kutai Barat menjadi hari esok lebih baik dari pada hari ini,” ujarnya, sebelum membuka resmi Seminar Sehari Anti Korupsi yang diadakan dengan narasumber dari Kejaksaan Negeri Kubar, Polres Kubar dan Inspektorat Kubar.
Asisten I Setkab Kubar, Misran Effendi membuka kegiatan yang ditujukan untuk mencegah tindak pidana korupsi. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Kegiatan yang mengusung tema ‘Bebas Korupsi Saya Selamat, Keluarga Selamat Dan Masyarakat Bangga Memilih Saya Menjadi Pemimpin’ ini dihadiri ratusan orang. Termasuk dari Kodim 0912/Kutai Barat, camat, lurah, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.
“Aparat kampung perlu memahami aturan-aturan hukum terkait pengelolaan anggaran di kampung. Agar dalam mengelola dana dari negara seperti dana desa, tidak bermasalah nantinya,” kata Pejabat Sementara Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Kubar, Ajun Inspektur Dua Muhammad Daud.



Sarjodi selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran para aparat kampung. Agar memahami aturan dan wewenang serta menambah ilmu yang positif. Ia berharap kegiatan sehari ini dapat bermanfaat bagi semua dan menjadi teladan bagi lingkungan. “Mari bersama menimba ilmu, dan anggaran yang ada dapat dijalankan dengan maksimal,” ujarnya dalam laporan. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here