Hits: 0

Upaya Menjaga Kualitas Generasi Penerus

Mako Polsek Bentian Besar di Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar, siap melayani masyarakat dengan fasilitas dan personel yang ada. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

BENTIAN BESAR – KABARKUBAR.COM
Kepolisian Sektor Bentian Besar tidak memandang remeh potensi konflik di lingkungan anak didik di wilayah hukumnya. Kendati berada di daerah pedalaman, petugas tetap berupaya mengantisipasi timbulnya tawuran pelajar. Dengan 13 personel dimiliki, melakukan pendekatan persuasif melalui Patroli Dialogis kepada para pelajar.

“Banyak berita di media massa soal maraknya perkelahian antar pelajar, perlu diantisipasi agar tidak terjadi di wilayah kami,” ujar Kapolsek Bentian Besar, Ajun Komisaris Polisi Lorensius Balak, Rabu 23/8/2017.

Maraknya tawuran antar pelajar, kata AKP Lorensius, harus dicegah sedini mungkin. Itu sebabnya, seluruh personel termasuk dirinya sendiri, aktif melaksanakan Patroli Dialogis ke para pelajar, termasuk masyarakat luas. Penyuluhan singkat diberikan kepada para siswa, agar memahami akibat dari tawuran. Dan tidak terprovokasi dengan ajakan-ajakan yang menjurus ke hal-hal negatif.

“Pembinaan dilakukan justru sebelum tawuran terjadi. Karena tawuran atau perkelahian pribadi pelajar tentunya merugikan masa depan mereka sendiri,” jelas AKP Lorensius.

Ditanya kesannya saat menemui pelajar dalam Patroli Dialogis ke SMA Negeri 1 Bentian Besar, Jumat 18/8/2017 lalu, Brigadir Dua Muhlisin mengaku tidak ada kendala. Tugasnya memberikan pemahaman kepada pelajar agar tidak timbul gesekan yang berujung tawuran, dinilai bukan beban. “Malah senang pak, bisa menemui para pelajar yang usianya tidak jauh dari saya. Mereka lebih mudah diberikan pengertian bahaya tawuran, karena saya juga belum lama tamat SMA,” katanya di samping gedung sekolah, tempat biasa para pelajar berkumpul di waktu istirahat.

Bripda Muhlisin, saat memeberikan pemahaman langsung kepada para pelajar SMA Negeri 1 Bentian Besar, akan bahaya perkelahian pelajar, Jumat 18/8/2017. SONNY LEE HUTAGALUNG/KABARKUBAR.COM

Kecamatan Bentian Besar yang menjadi wilayah hukum Polsek Bentian Besar, terdapat 9 kampung. Yakni Anan Jaya, Dilang Puti, Jelmu Sibak, Penarung, Randa Empas, Sambung, Suakong, Tende dan Tukuq. Dengan luas wilayah 886,4 kilometer persegi, berpenduduk 3.233 orang yang terdiri dari 1.808 laki-laki dan 1.425 perempuan.

Menanggapinya, Kepala Kepolisian Resor Kutai Barat, AKBP Pramuja Sigit Wahono menilai sudah tepat tindakan yang dilakukan personel di Polsek Bentian Besar. Setiap Polsek memang diarahkan untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayahnya. Salah satunya dengan melakukan patroli sebagai upaya mencegah terjadinya tindak pidana.

“Patroli ke sekolah, juga tugas kita bersama, bukan hanya polisi. Kita harap para guru juga ikut membimbing muridnya agar tidak terlibat kejahatan, seperti tawuran pelajar. Murid itu aset bangsa yang harus dijaga dan dipelihara, karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” ujarnya melalui sambungan telepon.
Sonny Lee Hutagalung


Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here