Hits: 1

Periksa Transparansi Penggunaan Anggaran

Para Bintara di Polres Kubar menjadi salah satu objek pemeriksaan oleh Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Kaltim. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

BARONG TONGKOK – KABARKUBAR.COM
Tim Inspektorat Pengawasan Daerah Kepolisian Daerah Kalimantan Timur mendatangi Markas Kepolisian Resor Kutai Barat pada Kamis, 13 Pebruari 2020 siang kemarin. Tim yang diisi lima personel Polda Kaltim itu melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan atau Wasrik terhadap kinerja serta penggunaan anggaran di Polres Kubar.



Diungkapkan Kepala Polres Kubar, AKBP Roy Satya Putra, Wasrik merupakan kegiatan rutin. Guna mengecek kinerja suatu satuan wilayah setingkat Polres dan Polda. Pelaksanaan Wasrik yang dimulai sekitar pukul 15.00 tersebut berakhir pukul 21.00 Wita. “Berkaitan juga transparansi penggunaan anggaran,” ujarnya saat mendampingi Tim Wasrik.
Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Kubar tersebut menegaskan, selain dari tim internal kinerja Kepolisian Republik Indonesia juga diawasi oleh tim eksternal. Seperti Badan Pemeriksa Keuangan untuk tranparansi penggunaan anggaran.
“Agar anggaran yang dikucurkan pemerintah benar-benar digunakan dengan tepat sesuai rencana anggaran dan kegiatan,” ungkap AKBP Roy Satya Putra yang sebelumnya menjabat Kapolres Paser.
Wakil Kepala Polres Kubar, Kompol Sukarman, memantau kegiatan pemeriksaan dan pengawasan penggunaan anggaran oleh Tim Wasrik Itwasda Polda Kaltim. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

Menurut AKP Soleh, salah seorang anggota Tim Wasrik, Polres Kubar tidak ada masalah dengan anggaran. Hanya perlu sedikit perbaikan dalam hal kelengkapan administrasi. Ia mengakui, selalu ada temuan di setiap Wasrik. Namun sifatnya tidak fatal dan bukan masalah anggaran.
“Ada tadi sedikit temuan tentang administrasi, dan itu bisa dilengkapi tadi oleh para operator,” ungkap AKP Soleh yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan Administrasi Itwasda Polda Kaltim.
Tim Itwasda Polda Kaltim yang datang adalah;

  1. Kompol Edison Sinaga selaku Perwira Pemeriksa 1 Inspektorat Bidang 1
  2. Kompol Ricky Nelson Purba selaku Auditor 1 Inspektorat Bidang 2
  3. AKP Agus Sugiharto selaku Kepala Urusan Monitoring Sub Bagian Pengaduan Masyarakat dan Pengawasan
  4. AKP Soleh selaku Perwira Pemeriksa 3 Inspektorat Bidang 1
  5. Bripda Yogi Mardianto selaku Bintara Administrasi Inspektorat Bidang 2




Kegiatan Wasrik ditubuh Polri dilakukan setidaknya tiga kali dalam setahun berjalan. Sehingga pengawasan benar-benar bisa dilakukan. #Lilis Sari

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here