Hits: 0

Setiap Kampung Menyiapkan Tempat dan Pengelolaan Sampah

Camat Linggang Bigung, Janming, bersama para tokoh dan sejumlah staf Kecamatan Linggang Bigung, usai Coffee Morning, Kamis 25/10/2018. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

LINGGANG BIGUNG – KABARKUBAR.COM
Pemerintah Kecamatan Linggang Bigung bersama para tokoh setempat mengadakan Coffee Morning atau Ngopi Pagi, Kamis 25/10/2018 pagi tadi. Pertemuan yang dibarengi dengan diskusi itu, dilakukan di halaman Kantor Camat Linggang Bigung, Jalan Ahmad Yani RT VII Kampung Linggang Bigung. Hasilnya, ada lima poin yang disepakati untuk dilaksanakan dan disosialisasikan ke 11 kampung di Kecamatan Linggang Bigung.

Seluruh kesepakatan adalah terkait penanganan sampah atau kebersihan. Yang ditujukan untuk menjaga keindahan dan kenyamanan masyarakat serta siapa saja yang berkunjung ke wilayah Kecamatan Linggang Bigung.



Pertama adalah soal tanggung jawab bersama mulai dari sekolah, kampung sampai ke lingkungan kecamatan. Kemudian perlunya diadakan sosialisasi atau pemberitahuan secara terus menerus kepada masyarakat. “Dimulai dari Ketua RT, Petinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat,” ujar Camat Linggang Bigung, Janming, yang dituangkan dalam kesepakatan.

Ketiga, Pemerintah Kampung supaya menggiatkan kembali gotong royong setiap Jumat pada setiap pekan dengan melibatkan Karang Taruna, Pengurus PKK, sekolah dan masyarakat. Keempat, setiap kampung agar menyiapkan tempat sampah serta pengelolaan sampah yang diatur melalui Badan Usaha Milik Kampung atau BUMKa.

Coffee Morning di halaman Kantor Camat Linggang Bigung menjadi salah satu kegiatan yang patut ditiru, agar dapat membahas persoalan masyarakat dalam diskusi santai. LILIS SARI/KABARKUBAR.COM

“Perlu dibentuk Komunitas Peduli Sampah di tiap kampung dengan melibatkan anak-anak muda yang dibina oleh Pemerintah Kampung dan Pemerintah Kecamatan,” kata Kristian, Sekretaris Kecamatan saat membacakan kesepakatan.

Jaming berharap, Coffee Morning itu bisa membawa manfaat bagi semua lapisan masyarakat agar peduli kebersihan. “Saya mengimbau semua orang untuk memulai kebersihan dari lingkungan sendiri. Misalnya di rumah atau intansi tempat bekerja,” pungkasnya.

 “Kami dari sekolah siap untuk melaksanakan program kebersihan yang telah menjadi program dari pemerintahan kampung. Mulai dari lingkungan sekolah kami, sesuai dengan karakteristik wilayah,” papar Syofiah WD, Kepala SD Negeri 06 Linggang Bigung.



Seluruh kesepakatan tersebut dibubuhi tandatangan sejumlah tokoh. Diantaranya, Camat dan Sekcam Linggang Bigung. Ada juga Kepala Polsek Barong Tongkok Inspektur Tingkat Satu Iriyanto dan Komandan Koramil 0912-06 Barong Tongkok Kapten Ade Triana.

Juga Pimpinan Puskesmas Linggang Bigung Madjid Ishak, Aryus Radeh dari Lembaga Adat Kecamatan Linggang Bigung, Kepala SDN 01 Linggang Bigung Matius, Kepala SDN 06 Linggang Bigung Syofiah WD, Petinggi Linggang Bangun Sari H Sulaiman, dan Petinggi Linggang Bigung Bastianus. #Lilis Sari/Advertorial

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here